Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Map Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP
Development of Mind Map-Based Pocket Books to Improve Students' Conceptual Understanding of Environmental Pollution Materials in Junior High Schools
Maharrany, Anggy Ayu. 2023. Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Map Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tukiran, M.Si., dan (II) Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.
Kata-kata Kunci: Buku saku berbasis mind map, Pemahaman konsep, Pencemaran lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku berbasis mind map yang layak berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Buku saku dikembangkan menggunakan model 4D, namun terbatas sampai tahap develop. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Buku saku diuji cobakan pada 105 peserta didik di SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/ 2023 untuk mengukur keterlaksanaan RPP, keterbacaan buku saku, hasil belajar berupa pemahaman konsep peserta didik, serta respons peserta didik terhadap buku saku yang dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik validasi, observasi, tes tulis, angket, dan dokumentasi kegiatan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku yang dikembangkan sangat valid dari segi materi dan media; (2) pembelajaran terlaksana dengan kriteria sangat baik; (3) keterbacaan buku sangat baik; (4) Peningkatan pemahaman konsep menunjukkan kategori sedang dan tinggi, hasil uji-t sampel berpasangan mendapat signifikansi 0,000<signifikansi 0,05; (5) peserta didik memberikan respons positif terhadap pembelajaran dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis mind map adalah layak untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.
Maharrany, Anggy Ayu. 2023. Development of Mind Map-Based Pocket Books to Improve Students' Conceptual Understanding of Environmental Pollution Materials in Junior High Schools. Thesis, Science Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisors: (I) Prof. Dr. Tukiran, M.Si., and (II) Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.
Keywords: Pocket book based on mind map, Concept understanding, Environmental pollution
This study aims to produce a pocket book based on a mind map appropriate based on the criteria of validity, practicality, and effectiveness to improve students' conceptual understanding of environmental pollution material. The pocket book was developed using a 4D model, but was limited to the develop stage. This study used a one group pretest-posttest design. The pocket book was tested on 105 students at SMP Negeri 2 Candi Sidoarjo. This research was conducted in the even semester of the 2022/2023 school year to measure the implementation of lesson plans, readability of pocket books, learning outcomes in the form of understanding students' concepts, and students' responses to the pocket books that were developed. Data collection was carried out using validation techniques, observation, written tests, questionnaires, and activity documentation. The research data were analyzed by descriptive quantitative and qualitative.
The results of the research data analysis show that: (1) the books developed are very valid from material aspect and media aspect; (2) learning is carried out with very good criteria; (3) book readability is very good; (4) Improved understanding of the concept shows a moderate and high category, the results of the paired sample t-test get a significance of 0.000 < a significance of 0.05; (5) students give a positive response to learning with very good criteria. Based on the results of the study it can be concluded that mind map-based pocket books are feasible to improve students' conceptual understanding of environmental pollution material.