ANALYSIS OF THE APPLICATION OF CONVERGENCE DIMENSIONS TO SUARA SURABAYA MEDIA
Disrupsi Digital mendorong transisi pada alur kerja Industri Media Massa untuk beralih dari analog menjadi digital. Setiap jenis media massa konvensional perlu untuk melakukan inovasi agar dapat berkembang mengikuti zaman sekaligus menjaga jati diri. Konvergensi Media Massa merupakan salah satu langkah yang perlu untuk dilakukan oleh perusahaan media massa konvensional agar dapat meningkatkan relevansi, sembari menjaga eksistensi mereka. Sebagai salah satu bentuk media konvensional, radio juga mengalami kesulitan untuk dapat menjaga eksistensi dan relevansi dengan masyarakat digital. Perusahaan radio internasional hingga perusahaan radio nasional di Indonesia mengalami tantangan yang sama, begitupun dengan radio lokal. Suara Surabaya merupakan salah satu contoh radio lokal yang sejak awal berdiri menyadari mengenai pentingnya bertumbuh mengikuti perkembangan teknologi, mengembangkan jangkauan digital dan mengintegrasikan setiap platform yang dimiliki melalui penerapan Konvergensi Media. Hasil dari penerapan ini membuat Suara Surabaya sebagai radio lokal mampu menjaga eksistensi dan relevansi di tengah gempuran media – media digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan Konvergensi Suara Surabaya menurut klasifikasi dari masing – masing dimensi konvergensi, antara lain : Ownership Convergence, Tactical Convergence, Structural Convergence, Information – Gathering Convergence, & Structural Convergence. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keterkaitan antara eksistensi Suara Surabaya dengan penerapan Konvergensi, serta mengupas secara rinci mengenai pengelolaan Konvergensi Media Suara Surabaya.
Digital Disruption drives the transition in the Mass Media Industry workflow from analog to digital. Every type of conventional mass media needs to innovate in order to develop with the times while maintaining its identity. Mass Media Convergence is one of the steps that conventional mass media companies need to take in order to increase relevance, while maintaining their existence. As a form of conventional media, radio also experiences difficulties in maintaining its existence and relevance to the digital community. International radio companies to national radio companies in Indonesia experience the same challenges, as do local radio. Suara Surabaya is one example of a local radio that since its inception has realized the importance of growing with technological developments, developing digital reach and integrating each platform it has through the implementation of Media Convergence. The results of this implementation make Suara Surabaya as a local radio able to maintain its existence and relevance amidst the onslaught of digital media. This study aims to analyze the implementation of Suara Surabaya Convergence according to the classification of each dimension of convergence, including: Ownership Convergence, Tactical Convergence, Structural Convergence, Information - Gathering Convergence, & Structural Convergence. The results of this study show the relationship between the existence of Suara Surabaya and the implementation of Convergence, and examine in detail the management of Suara Surabaya Media Convergence.