Pengembangan Game Edukasi Ksatria Aljabar Berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Aljabar
Development of Android-Based Ksatria Aljabar Educational Game as a Learning Supplement in Algebra Materials
Pada abad ke-21, teknologi saling terhubung dengan segala bidang keahlian yang ada, salah satunya dalam pendidikan. Banyak teknologi informasi yang menunjang proses pembelajaran, salah satunya dalam matematika. Sering kali peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika terutama pada materi Aljabar. Media pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam kesulitan belajar. Salah satu bentuk media pembelajaran adalah game edukasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi Ksatria Aljabar berbasis Android sebagai suplemen pembelajaran pada materi Aljabar berkualitas baik yang memenuhi kriteria valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang mempunyai 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen kevalidan berupa angket validasi ahli media dan materi serta instrumen kepraktisan berupa angket respon pengguna dan lembar observasi. Game yang dikembangkan diujicobakan kepada 5 peserta didik kelas VII SMPN 3 Taman dan diimplementasikan kepada satu kelas peserta didik kelas VII SMPN 17 Surabaya tahun ajaran 2022/2023. Game yang dikembangkan berbentuk aplikasi Android dengan tema petualangan kerajaan dan mempunyai 5 scene.
Proses pengembangan game edukasi ini terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analisis, pada tahapan ini dilakukan analisis kebutuhan peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis teknologi yang diperoleh solusi dengan mengembangkan game edukasi sebagai suplemen pembelajaran pada materi Aljabar yang dapat dijalankan di smartphone Android, 2) Desain, dilakukan perancangan konten game edukasi, storyboard, dan instrumen penelitian, 3) Pengembangan, dilakukan pengembangan game edukasi dengan Smart Apps Creator, validasi game kepada ahli media dan materi serta melakukan revisi, uji coba game edukasi, dan melakukan revisi berdasarkan hasil uji coba, 4) Implementasi, dilakukan uji lapangan game edukasi, serta 5) Evaluasi, untuk mengevaluasi hasil pengembangan game edukasi Ksatria Aljabar berbasis Android sebagai suplemen pembelajaran pada Materi Aljabar berdasarkan kriteria valid dan praktis.
Game Ksatria Aljabar yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid dan praktis. Game edukasi ini memenuhi kriteria valid berdasarkan angket validasi ahli media dengan hasil 81,02% yang berkategori “Valid” dan ahli materi dengan hasil 77,68% yang berkategori “Valid”. Game ini juga dikatakan praktis berdasarkan hasil angket respon pengguna game edukasi dengan memperoleh 88,75% yang berkategori “Sangat Praktis” dan hasil lembar observasi dengan memperoleh 98,51% yang berkategori “Sangat Praktis”.
In the 21st century, technology is interconnected with all existing areas of expertise, one of which is in education. Many information technologies support the learning process, one of which is in mathematics. Often students have difficulty learning mathematics, especially in Algebra material. Learning media can help students in difficulty learning. One form of learning media is an educational game. Therefore, this study aims to develop an Android-based Ksatria Aljabar educational game as a learning supplement on good quality Algebra material that meets valid and practical.
This research is a development research with the ADDIE model which has 5 stages, namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. The research instrument consisted of validity instruments in the form of media and material expert validation questionnaires and practical instruments in the form of user response questionnaires and observation sheets. The game developed was tested on 5 class VII students of SMPN 3 Taman and implemented in one class of class VII students of SMPN 17 Surabaya for the 2022/2023 school year. The game developed is in the form of an Android application with a royal adventure theme and has 5 scenes.
The process of developing this educational game consists of 5 stages, namely: 1) Analysis, at this stage an analysis of student needs, curriculum analysis, and technology analysis is obtained by developing an educational game as a learning supplement in Algebra material that can be run on an Android smartphone, 2) Design, designing educational game content, storyboards, and research instruments, 3) Development, developing educational games with Smart Apps Creator, validating the game to media and material experts and making revisions, testing educational games, and making revisions based on the results trials, 4) Implementation, educational game field tests were carried out, and 5) Evaluation, to evaluate the results of the development of Android-based Ksatria Aljabar educational games as learning supplements in Algebra Material based on valid and practical criteria.
The Ksatria Aljabar game developed is of good quality because it meets valid and practical criteria. This educational game meets the valid criteria based on a media expert validation questionnaire with 81,02% results in the "Valid" category and material experts with 77,68% results in the "Valid" category. This game is also said to be practical based on the results of a questionnaire responding to educational game users by obtaining 88,75% in the "Very Practical" category and the results of the observation sheet by obtaining 98,51% in the "Very Practical" category.