" PENGARUH MEDIA BOLA TANGKAP TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4 - 5 TAHUN"
"THE EFFECT OF CATCHBALL MEDIA ON THE GROSS MOTOR ABILITY OF CHILDREN AGE 4 - 5 YEARS"
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak media bola tangkap terhadap perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia 4 – 5 tahun pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Surabaya, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bermain bola tangkap terhadap anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis one group pretest – post test. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dan sampel penelitian adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Surabaya yang berjumlah 30 anak yang terdiri dari TK B1 15 anak dan TK B2 15 anak. Penelitian dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan pre test 1 kali, treatment 3 kali, dan post test 1 kali. Kegiatan treatment dilakukan melalui kegiatan bermain bola tangkap dengan metode demontrasi dimana guru memperagakan langkah bermain bola tangkap secara perlahan sehingga anak mampu mengikuti. Data dianalisis menggunakan uji T melalui program SPSS. Hasil analisis penelitian menggunakan nilai signifikansi <0.05 maka ada pengaruh dari signifikasi, sedangkan dari table sudah jelas dengan adanya menunjukkan nilai signifikansi 2 tailded yaitu, 000 < 0.05 maka adanya pengaruh media bola terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 4 -5 tahun. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media bola tangkap mampu mendorong kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di kelompok B1 TK Negeri Pembina Surabaya dengan melibatkan berbagai gerakan seperti melompat, berlari, mengoper bola dan menangkap.
" This research aims to determine the impact of catch ball media on the development of gross motor skills in children aged 4 - 5 years in group B children at Pembina State Kindergarten Surabaya, which is motivated by the low ability of children to play catch ball. This research uses a quantitative approach using one group pretest - post test. This research is a population study and the research sample is the group B children of the Pembina State Kindergarten Surabaya, totaling 30 children consisting of 15 children from Kindergarten B1 and 15 children from Kindergarten B2. The research was carried out in 5 meetings with 1 pre-test, 3 times treatment, and 1 post-test. Treatment activities are carried out through playing catch ball with a demonstration method where the teacher demonstrates the steps to play catch ball slowly so that the child is able to follow. Data were analyzed using the T test via the SPSS program. The results of the research analysis use a significance value of <0.05, so there is an influence of significance, while from the table it is clear that it shows a 2-tailed significance value, namely .000 <0.05, so there is an influence of ball media on the gross motor skills of children aged 4 -5 years. From the research results, it can be concluded that catch ball media is able to encourage the gross motor skills of children aged 4-5 years in group B1 of the Pembina Suraaya State Kindergarten by involving various movements such as jumping, running, passing the ball and catching. Keywords: Catch Ball Media, Gross Motor, Early Childhood 4 – 5 years.