Peran Komunitas Gerlik dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin di Jagir Wonokromo
The Role of the Gerlik Community in Forming the Character of Responsibility and Discipline in Jagir Wonokromo
Karakter merupakan bentuk watak atau akhlak yang melekat pada pribadi seseorang yang digunakan sebagai landasan untuk berpikir dan berperilaku sehingga menimbulkan suatu ciri khas pada individu tersebut. Dalam usaha untuk memahami bentuk pendidikan karakter, diperlukan adanya keterlibatan dari berbagai pihak secara bersama-sama seperti: pendidikan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, dan sekolah sebagai lembaga pendidikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran komunitas gerlik dalam pembentukan karakter tanggung jawab dan disiplin di jagir wonokromo beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan pendekatan kualitatif berupa wawancara mendalam, observasi partisipan serta dokumentasi di jagir wonokromo surabaya. Metode analisis data di dalam penelitian ini menggunakan : reduksi data, display data serta kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan : uji kredibilitas, realibilitas, dan objektifitas. Subjek penelitian adalah ketua pengurus komunitas gerlik yang sekaligus berperan sebagai fasilitator dan pendidik, anggota komunitas gerlik yang ikut berperan sebagai fasilitator dan pendidik, masyarakat sekitar jagir wonokromo yang telah menerima dan mendukung adanya komunitas gerlik di jagir wonokromo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komunitas gerlik yaitu (1) membentuk dan memberikan pembelajaran mengenai karakter tanggung jawab dan disiplin; (2) memberikan reward kepada peserta didik; (3) menerapkan sikap tanggung jawab dan disiplin yang baik; (4) penggalakan partisipasi, tingginya partisipasi masyarakat sekitar dan orang tua akan mempercepat dalam membentuk karakter tanggung jawab dan disiplin; (5) fasilitator dalam memfasilitasi kebutuhan warga belajar; (6) pendidik dalam meningkatkan pendidikan. Faktor pendukung meliputi a) pendekatan dan komunikasi yang baik antara komunitas dengan masyarakat Jagir Wonokromo terutama pada anak usia 5-6 tahun, b) adanya respon positif dari masyarakat, c) serta komitmen dan kerja sama yang tinggi dari pengurus komunitas. Faktor penghambat meliputi a) kurang kedisiplinan warga belajar, b) tempat belajar yang kurang mendukung yang mengakibatkan kurang maksimalnya proses pembelajaran.Kata kunci: Peran Komunitas, tanggung jawab, disiplin
Character is a form of character or character inherent in a person's personality which is used as a basis for thinking and behaving so as to cause a characteristic to the individual. In an effort to understand the form of character education, it is necessary to have the involvement of various parties together such as : education in family, community, and school life as an educational institution. So this study aims to describe and analyze the role of the gerlik community in the formation of the character of responsibility and discipline in jagir wonokromo along with its supporting and inhibiting factors. This type of research is descriptive research. With a qualitative approach in the form of in-depth interviews, participant observation and documentation in jagir wonokromo surabaya. Data analysis methods in this study use: data reduction, data display and conclusions and verification. Test the validity of the data in this study using: the test of credibility, reliability, and objectivity. The subject of the research was the chairman of the Gerlik community committee who also played the role of facilitator and educator, the Gerlik community member who also played the role of facilitator and educator, the community around Wokokromo who had accepted and supported the existence of the gerlik community in Wokokromo. The results showed that the roles of the gerlik community were (1) forming and providing learning about the character of responsibility and discipline; (2) giving rewards to students; (3) implementing a good attitude of responsibility and discipline; (4) promoting participation, high participation of the surrounding community and parents will accelerate in shaping the character of responsibility and discipline; (5) facilitators in facilitating the learning needs of citizens; (6) educators in improving education. Supporting factors include a) good approach and communication between the community and Jagir Wonokromo community, especially in children aged 5-6 years, b) positive responses from the community, c) and high commitment and cooperation from the community management. Inhibiting factors include a) lack of discipline of learning citizens, b) a less supportive learning place due to the proximity of the railroad tracks which results in a less than optimal learning process.
Keywords: Community Role, responsibility, disciplin.