DEVELOPMENT OF A "GIANT" EDUCATIVE GAME ON PLANT PARTS TO IMPROVE CLASS IV SCIENCE SUBJECTS ELEMENTARY SCHOOL
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis windows yang disebut Game Edukatif "GIANT" untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas iv sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi adalah lima komponen utama model pengembangan ADDIE yang akan digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, lembar angket validasi media dan materi, lembar angket respons guru dan siswa, dan lembar tes digunakan. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, menghasilkan skor kevalidan 98,18% dan 100% berturut-turut, menunjukkan kriteria "Sangat Valid". Kepraktisan media dievaluasi melalui angket dan observasi oleh guru dan siswa, menunjukkan skor 93,75% dan 94,37% yang berarti "Sangat Praktis". Keefektifan media diukur melalui pretest dan posttest dengan hasil peningkatan rerata nilai dari 56,5 menjadi 80 dan persentase ketuntasan 85%, yang menunjukkan media ini "Sangat Efektif". Dengan demikian, Game Edukatif "GIANT" terbukti valid, praktis, dan efektif sebagai alat bantu pembelajaran yang meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa terhadap materi bagian tubuh tumbuhan.
Kata Kunci: Game Edukatif, Media Pembelajaran, IPAS.