Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat tentang wakaf uang terhadap minat berwakaf uang di Kota Surabaya. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari 1 variabel yakni variabel persepsi tentang wakaf uang diukur menggunakan indikator pengalaman, pengetahuan, pemahaman dan evaluasi atau penilaian. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu minat dan diukur menggunakan indikator Dorongan dari dalam diri, motif sosioal dan faktor emosional atau perasaan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner dengan skala likert.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi masyarakat tentang wakaf uang berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berwakaf uang di Kota Surabaya. Adapun berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel persepsi memiliki pengaruh sebesar 36,9% terhadap variabel minat berwakaf uang.
Kata kunci : Persepsi, Minat, Wakaf uang
The purpose of this study was to determine the effect of public perceptions of cash waqf on interest in representing money in the city of Surabaya. The independent variable in this study consisted of 1 variable, namely the perception variable about money waqf was measured using indicators of experience, knowledge, understanding and evaluation or assessment. The dependent variable in this study is interest and is measured using indicators of Inner Self, social motives and emotional or feeling factors. This research was conducted with an associative quantitative approach. The sample in this study amounted to 100 respondents using accidental sampling technique. This study uses a questionnaire with a likert scale.
The results of this study indicate that the public perception variable about mony waqf has a significant effect on interest variables representing money in the city of Surabaya. As for based on the test results of the coefficient of determination (R2) shows that the perception variable has an influence of 36,9% on interest variables representing money.
Keywords: Perception, Interest, cash waqf