PENERAPAN METODE MULTISENSORI UNTUK ANAK KESULITAN BELAJAR DENGAN MEDIA HAND WRITE
APPLICATION OF MULTISENSORIAL METHODS FOR CHILDREN LEARNING DIFFICULTY WITH HAND WRITE MEDIA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode multisensori berbasis media Hand Write untuk meningkatkan kemampuan anak kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan cara penelusuran jurnal elektronik dan menggunakan metode penelitian systematic review, dengan menggunakan prosedur kegiatan merangkum, mereview dan menganalisis data penelitian yang relevan. Setelah diberikan metode multisensori dengan menggunakan media Hand Write hasil analisis menunjukkan peningkatan positif berupa ketrampilan menulis diiringi dengan kognitif dan kenyamanan anak kesulitan belajar karena dalam proses pembelajaran yang berlangsung tanpa ada tekanan.
Kata Kunci : Anak kesulitan belajar, metode multisensori, aplikasi game, membaca, menulis.
This study aims to analyze the application of the multisensory method based on Hand Write media to improve the ability of children with learning difficulties. The data collection technique uses electronic journal tracing and uses systematic review research methods, by using the activity procedure of summarizing, reviewing and analyzing relevant research data. After being given a multisensory method using Hand Write media, the results of the analysis showed a positive increase in the form of writing skills accompanied by cognitive and comfortable learning difficulties for children because the learning process took place without any pressure.
Keyword :Children learning difficulties, multisensory and methods, game applications, reading, writing.