PENGKAJIAN TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
AN INVESTIGATION ON THE IMPLEMENTATION OF THE LEARNING CYCLE 5E TO IMPROVE STUDENT ACTIVENESS
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam meningkatkan keaktifan siswa. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya ilmiah berupa artikel jurnal dan hasil penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka melalui analisis pada jurnal. Teknik yang digunakan adalah dengan melibatkan analisis tiga literatur tentang Learning Cycle 5E untuk menilai dampak implementasi model tersebut terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap tahapan pada model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan ketiga peneliti, dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan rata-rata keaktifan siswa : Peneliti 1 mengalami peningkatan sebesar 3,35%, Peneliti 2 meningkat sebesar 8,17% dan Peneliti 3 mengalami peningkatan sebesar 15,84%. Penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan studi komparatif model Learning Cycle 5E dengan pendekatan pedagogis lainnya serta penyelidikan tentang penerapannya di berbagai lingkungan pendidikan dan integrasi teknologi. Untuk peneliti lain yang ingin melakukan studi serupa, disarankan untuk menggunakan lebih banyak referensi untuk analisis yang lebih mendalam. Referensi yang digunakan harus sesuai dengan aspek-aspek tujuan penelitian.
This research aims to investigate the implementation of the learning Cycle 5E model in improving student activeness. The objects of this research are scientific works in the form of journal articles and research results. The research method employed is a literature review through analyzed journals. The technique used involves analyzing three pieces of literature on the Learning Cycle 5E to assess the impact of this model on student activeness in the learning process. The results of the analysis indicate that each phases of the Learning Cycle 5E model can improve student activeness during the learning process. Based on the three studies, from Cycle I to Cycle II, there is a noted increase in the average student activeness: Researcher 1 experienced a 3.35% increase, Researcher 2 saw an 8.17% increase, and Researcher 3 had a 15.84% increase. Future research should consider comparative studies of the Learning Cycle 5E model with other pedagogical approaches and investigations into its application across diverse educational settings and technology integration. For other researchers who wish to conduct similar studies, it is recommended to use more references for a deeper analysis. The references used should align with the research objectives.