Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) kepada Guru IPS di Sidoarjo
Analysis of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Capabilities for IPS Teachers in Sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk Pembelajaran IPS yang dapat memotivasi pelajar untuk bisa memecahkan masalah yang ada dan Menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan mereka sendiri, mereka juga menerapkannya dalam konteks yang relevan dan dapat meningkatkan pemikiran kritis, mendorong inisiatif pelajar di sekolah, mendorong motivasi internal untuk belajar dan mengembangkan hubungan interpersonal didalam kerja kelompok dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis agar pelajar dapat meningkatkan keberhasilannya dalam memecahkan masalah dunia nyata, khususnya di abad ke-21. Berdasarkan latar belakang pada masalah yang dipaparkan, peneliti bermaksud melakukan penelitian yang berjudul Analisis kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) kepada pendidik IPS di Sidoarjo . Menentukan jenis-jenis data yang akan peneliti gunakan merupakan pendekatan kualitatif. Tujuan pendekatan kualitatif pada hakekatnya adalah suatu metode yang dihubungkan dengan pemaknaan atau interpretasi terhadap fenomena atau gejala yang diakibatkan baik oleh pelaku maupun perbuatannya. Interpretasi yang lebih dalam dari fenomena ini membutuhkan metode pengumpulan data yang berbeda secara signifikan dari metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil wawancara berkelanjutan dengan berbagai pengalaman mengajar 6-39 tahun. Berdasarkan pendapat responden atas pertanyaan yang diajukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa tenaga pendidik dengan pengalaman mengajar yang minim mampu beradaptasi dengan metode pengajaran yang dilakukan. Melanjutkan penggunaan bantuan teknis untuk menyelesaikan tugas lebih menarik dan lebih baik jika kita menganggap bahwa tenaga pendidik yang sudah lama mengajar baru terbiasa menggunakan pembelajaran berbasis teknologi. dan ada juga tenaga pendidik yang menggunakan aplikasi video edukasi untuk menarik perhatian siswa agar mudah memahami dan memahami materi yang dijelaskan oleh tenaga pendidik. Dan panjang atau pendek, berapa lama mereka mengajar, mereka menggunakan metode ini dengan kurikulum yang sama, sehingga tidak ada perbedaan keterampilan tenaga pendidik
This study aims for social studies learning that can motivate students to be able to solve existing problems and apply and integrate their own knowledge and skills, they also apply them in relevant contexts and can increase critical thinking, encourage student initiatives at school, encourage internal motivation to learn and developing interpersonal relationships in group work by increasing critical thinking skills so that students can increase their success in solving real world problems, especially in the 21st century. Based on the background of the problem described, the researcher intends to conduct a study entitled Analysis of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) skills for social studies educators in Sidoarjo. Determining the types of data that the researcher will use is a qualitative approach. The purpose of the qualitative approach is essentially a method associated with the meaning or interpretation of phenomena or symptoms caused by both the perpetrator and his actions. A deeper interpretation of this phenomenon requires data collection methods that differ significantly from quantitative research methods. Based on the results of continuous interviews with various teaching experiences of 6-39 years. Based on the opinions of respondents to the questions posed by researchers, it can be concluded that educators with minimal teaching experience are able to adapt to the teaching methods used. Continuing to use technical assistance to complete assignments is more interesting and better if we consider that educators who have been teaching for a long time are just getting used to using technology-based learning. and there are also educators who use educational video applications to attract students' attention so that they can easily understand and understand the material explained by educators. And long or short, how long do they teach, they use this method with the same curriculum, so there is no difference in the skills of the teaching staff