IMPLEMENTASI STRATEGI PRODUK DAN HARGA DALAM RANGKA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
(Studi Pada UMKM Produksi Tempe Di Desa Jumput, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro)
IMPLEMENTATION OF PRODUCT AND PRICING STRATEGIES IN ORDER TO INCREASE SALES VOLUME
(Study on UMKM Tempeh Production in Jumput Village, Sukosewu District, Bojonegoro Regency)
ABSTRAK
Nama : Izza Munfarida
NIM 21080574213
Program Studi : S1 Manajemen
Fakultas : Ekonomika dan Binis
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Dra. Hj. Anik Lestari A.,MM
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi produk dan harga dalam rangka meningkatkan volume penjualan pada UMKM Produksi Tempe di Desa Jumput, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif dan jenis data Skunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Produksi Tempe Bapak Mujazin menggunakan strategi produk dan harga untuk menigkatkan volume penjualan. Pada strategi produk pemilik usaha menggunakan beberapa atribut produk diantaranya : Ragam Produk, Kualitas Produk, Kemasan dan ukuran. Pada strategi harga pemilik usaha menggunakan strategi penetapan harga diantaranya: Keterjangkauan Harga, Kesesuain Harga Dengan Kualitas, Daya Saing Harga, dan Kesesuaian Harga Dengan Manfaat.
ABSTRACT
Name : Izza Munfarida
NIM : 21080574213
Study Program : S1 Management
Faculties : Economics and Business
Institution Name : State University of Surabaya
Advisor : Dra. Hj. Anik Lestari A.,MM
The purpose of this study is to determine product strategies and prices in order to increase sales volume in Tempeh Production UMKM in Jumput Village, Sukosewu District, Bojonegoro Regency. This study used Qualitative Descriptive research method and Skunder data type.
The results showed that Mr. Mujazin Tempeh Production UMKM used product and price strategies to increase sales volume. In the product strategy, business owners use several product attributes including: Product Variety, Product Quality, Packaging and Size. In the pricing strategy, business owners use pricing strategies including: Price Affordability, Price Suitability with Quality, Price Competitiveness, and Price Suitability with Benefits.