PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN JARINGAN
DASAR KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON
LECTORA INSPIRE IN BASIC NETWORKING
SUBJECTS FOR CLASS X MULTIMEDIA AT SMK NEGERI 3 SURABAYA
Sanca, Pangga Aji. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd. dan (II) Dr. I.G.P. Asto Buditjahjanto, S.T., M.T.
Kata-kata Kunci: Lectora inspire, hasil belajar peserta didik, 4-D Models, jaringan dasar
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Lectora Inspire yang layak digunakan, sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran Lectora Inspire dengan mempertimbangkan kelayakan, yang meliputi (1) validitas, (2) efektifitas, (3) kepraktisan, dan (4) respon peserta didik terhadap media pembelajaran Lectora Inspire yang dikembangkan.
Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah 4-D model yang diterapkan pada mata pelajaran jaringan dasar. Subjek yang digunakan terdiri dari dua subjek penelitian yaitu kelas eksperimen berjumlah 36 peserta didik dan kelas kontrol berjumlah 36 peserta didik. Pada kelas eksperimen media yang digunakan adalah Lectora Inspire dan pada kelas kontrol media yang digunakan adalah Camtasia.
Pengujian produk penelitian pengembangan media pembelajaran Lectora Inspire menggunakan Nonequivalent Control Grub Desain dengan menerapkan Posttest Only Control Grup Desain yaitu membandingkan nilai posttes kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol, sedangkan untuk analisis data yaitu meliputi (1) analisis butir tes (2) analisis penilaian validator media, (3) analisis penilaian observer, (4) analisis respon peserta didik, (5) uji statistik analisis hasil belajar peserta didik dan dilakukan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Sejalan dengan tujuan penelitian ini, (1) hasil validasi media pembelajaran Lectora Inspire aspek tampilan skor rata-rata 82% (valid), aspek bahasa skor rata-rata 82% (valid), aspek isi skor rata-rata 80% (valid). Hasil validasi butir soal aspek materi skor rata-rata 82% (sangat valid), aspek konstruksi skor rata-rata 77% (valid), aspek bahasa skor rata-rata 80% (valid); (2) Validasi keterlaksanaan media pembelajaran Lectora Inspire skor rata-rata 3,8 (sangat baik); (3) Nilai kognitif t-hitung = 6,043, sig = 0,000 < 0,05. Nilai afektif t-hitung = 16,714, sig = 0,000 < 0,05. Nilai psikomotor t-hitung = 9,827, sig = 0,000 < 0,05; (4) Respon peserta didik skor rata-rata 86 (sangat baik). Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire dapat diterapkan dalam pembelajaran jaringan dasar kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Surabaya.
Sanca, Pangga Aji. 2021. Development of Learning Media Based on Lectora Inspire in Basic Networking Subjects for Class X Multimedia at SMK Negeri 3 Surabaya. Thesis, Technology and Vocational Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors: (I) Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd. and (II) Dr. I.G.P. Asto Buditjahjanto, S.T., M.T.
Keywords: Lectora inspire, student learning outcomes, 4-D Models, basic network
The purpose of this research is to produce learning media Lectora Inspire that is suitable for use, so that it can be used in the learning process. This research is a research on the development of Lectora Inspire learning media by considering feasibility, which includes (1) validity, (2) effectiveness, (3) practicality, and (4) students' responses to the Lectora Inspire learning media developed.
In this study, the type of research used is a 4-D model which is applied to basic network subjects. The subjects which are used consist of two research subjects, namely the experimental class totaling 36 students and the control class totaling 36 students. In the experimental class, the media used is Lectora Inspire and the media control class is Camtasia.
The research product testing of Lectora Inspire learning media development uses the Nonequivalent Control Grub Design by applying the Posttest Only Control Design Group, which compares the posttest scores of the experimental class with the posttest scores of the control class, while for data analysis includes (1) test items analysis (2) validator assessments media analysis, (3) observer assessment analysis, (4) student response analysis, (5) statistical test of analyzing student learning outcomes analysis and t-test to determine differences the learning outcomes between the experimental class and the control class.
In line with the research purpose, (1) the results of the Lectora Inspire learning media validation in display aspect obtained an average score of 82% (valid), the language aspect obtained an average score of 82% (valid), the content aspect obtained an average score of 80% (valid). The results of the items test validation on the material aspect obtained an average score of 82% (very valid), the construction aspect obtained an average score of 77% (valid), the language aspect obtained an average score of 80% (valid); (2) Validation of the implementation of Lectora Inspire learning media with an average score of 3.8 (very good); (3) Cognitive value t-test = 6.043, sig = 0.000 < 0.05. Affective value t-test = 16,714, sig = 0.000 <0.05. Psychomotor value t-test = 9.827, sig = 0.000 <0.05. (4) Student response average score 86 (very good). Based on the data obtained, it can be concluded that the Lectora Inspire learning media can be applied in base network learning class X Multimedia at SMK Negeri 3 Surabaya.