KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
STUDENTS' COMMUNICATION SKILLS IN SOLVING MATHEMATICAL LITERACY PROBLEMS BASED ON MATHEMATICAL ABILITIES
Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam proses pembelajaran karena akan terjadi interaksi sosial yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih hidup. Melalui komunikasi, siswa dapat memahami dan memaknai pemahaman soal matematika, tidak hanya soal berhitung tetapi juga soal matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII-1 di salah satu SMP Swasta di Sidoarjo. Subjek diberi tes kemampuan matematika untuk mengkategorikan kemampuan matematika subjek ke dalam level tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian diperoleh dari hasil tes literasi matematis dan wawancara yang dilakukan oleh 3 subjek terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kategori kemampuan komunikasi sedang karena siswa mampu memenuhi indikator ekspresi, interpretasi, penggunaan notasi/simbol, dan evaluasi dengan jawaban yang benar tanpa alasan yang lengkap, 2) siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kategori kemampuan komunikasi sedang karena siswa mampu memenuhi indikator ekspresi dan interpretasi dengan jawaban benar beserta alasan yang benar dan jelas, memenuhi indikator penggunaan notasi/simbol dengan jawaban yang benar tanpa alasan yang lengkap, namun siswa tidak memenuhi indikator evaluasi, dan 3) siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki kategori kemampuan komunikasi sangat rendah karena siswa mampu memenuhi indikator ekspresi dan interpretasi dengan jawaban salah tapi ada alasan, memenuhi indikator penggunaan notasi/simbol dengan jawaban benar tapi tidak ada alasan, namun siswa tidak memenuhi indikator evaluasi.
Communication is one of the important things in the learning process because there will be social interactions that can make learning more lively. Through communication, students can understand and interpret understanding of mathematical problems, not only calculation problems but also mathematical problems in everyday life. This research aims to describe students' communication skills in solving mathematical literacy problems based on mathematical abilities. This research is qualitative descriptive research. The subjects in this research were 27 students of class VIII in one of SMP Swasta in Sidoarjo. Subjects were given a mathematics ability test to categorize the subject's mathematical abilities into high, medium, and low-levels. The research data were obtained from the results of mathematics literacy tests and interviews conducted by 3 selected subjects. The results showed that 1) students with high mathematical abilities have a medium category of communication skills because students can fulfill the indicators of expression, interpretation, use of notations/symbols, and evaluation with correct answers without complete reasons, 2) students with medium mathematical abilities have a medium category of communication skills because students can fulfill the expression and interpretation indicators with correct answers along with correct and clear reasons, fulfill the indicators of using notations/symbols with correct answers without complete reasons, but students do not fulfill the evaluation indicators, and 3) students with low mathematical abilities have a very low category of communication skills because students can fulfill the expression and interpretation indicators with wrong answers but there is a reason, fulfill the indicators of using notations/symbols with correct answers but no reason, but students do not fulfill the evaluation indicators.