APPLICATION OF A COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ASSISTED WITH AUGMENTED REALITY ON STUDENT LEARNING OUTCOMES
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya penggunaan gawai dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar dengan melakukan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi Struktur Bumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya adalah poor experimental designs dengan one group pretest posttest. Subyek penelitian ini merupakan siswa salah satu SMP di Surabaya kelas VIII. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan media AR, sedangkan variabel terikat yang digunakan yaitu hasil belajar siswa. Insrumen pada penelitian ini, yaitu tes hasil belajar, observasi, dan survei. Penelitian yang dilakukan sebanyak tiga pertemuan ini didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil pretest dan posttest yaitu ditandai dengan perolehan N gain dengan kategori tinggi sebanyak 11 siswa atau 48%, dan pada kategori sedang sebanyak 12 siswa atau 52%. Selain itu, keterlaksanaan pembelajaran pada tiga pertemuan dapat terlaksana. Pada angket respons didapatkan hasil indikator model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebanyak 85,64% masuk kategori sangat setuju, sedangkan pada indikator media AR sebanyak 86,84% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan AR dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Kooperatif Tipe TAI, Augmented Reality (AR), Hasil Belajar
This research is motivated by the lack of utilization of technology in the field of education, particularly the use of gadgets to support the learning process. The purpose of this study is to observe the improvement in learning outcomes by implementing the TAI learning model assisted by Augmented Reality (AR) in the Earth Structure material. This type of research is experimental with a quasi experimental design using a one group pretest posttest approach. The subjects of this study were eighth grade students from a junior high school in Surabaya. The variables used are the independent variables, namely the cooperative learning model type TAI and AR media, while the dependent variable used is the students learning outcomes. The instruments in this study include learning outcome tests, observations, and surveys. The research, conducted over three meetings, found that students learning outcomes improved from the pretest to the posttest, indicated by an N gain in the high category for 11 students (48%) and in the medium category for 12 students (52%). Additionally, the implementation of the learning process was successfully carried out in the three meetings. The response questionnaire showed that the indicator for the cooperative learning model type TAI received a very agreeable rating of 85.64%, while the AR media indicator received a very agreeable rating of 86.84%. Based on the data analysis results, it can be concluded that the application of the cooperative learning model type TAI assisted by AR can improve students learning outcomes.
Keywords: Cooperative Type TAI, Augmented Reality (AR), Learning Outcomes