DEVELOPMENT OF MOBILE LEARNING IN TOURISM SUBJECTS MAIN MATERIALS OF THE TOURISM INDUSTRY FOR CLASS X SMK NEGERI 1 JOMBANG
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada saat melakukan observasi di SMK Negeri 1 Jombang, peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran Kepariwisataan khususnya pada materi pokok Industri Pariwisata. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media penyaluran pesan, dan mengakibatkan penyerapan informasi yang disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik kurang optimal. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengembangkan mobile learning pada mata pelajaran Kepariwisataan materi Industri Pariwisata untuk kelas X SMK Negeri 1 Jombang dengan layak, sehingga dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model prosedur yang digunakan untuk mengembangkan mobile learning adalah Decide, Design, Develop, Evaluate (DDD-E).
Untuk mengetahui kelayakan mobile learning, digunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang berisi instrumen kelayakan materi, media, dan bahan penyerta serta instrumen uji coba untuk peserta didik. Sedangkan analisis data berupa angket menggunakan tolak ukur skala Guttman, dengan hasil persentase kelayakan diperoleh menggunakan rumus Arikunto. Persentase kelayakan media dan bahan penyerta oleh ahli media memperoleh hasil 100%, serta persentase kelayakan materi oleh ahli materi memperoleh hasil 100% dengan rerata hasil keseluruhan menunjukan kriteria sangat layak. Hasil uji coba yang diperoleh dari peserta didik melalui uji coba perorangan sebanyak 3 orang memperoleh hasil 85,7%, uji coba kelompok kecil sebanyak 6 orang memperoleh hasil 90,4%, dan uji coba pada kelompok besar sebanyak 19 orang memperoleh hasil 96,9%. Hasil analisa uji coba secara keseluruhan menunjukan bahwa mobile learning yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: mobile learning, DDD-E, industri pariwisata, sekolah menengah kejuruan
Based on the problems found when making observations at SMK Negeri 1 Jombang, students experienced difficulties in learning tourism subjects, especially in the main material of the Tourism Industry. This is due to the use of technology as a medium for channeling messages, and ultimately the information conveyed by student educators is not optimal. The purpose of this study is to develop mobile learning in the tourism subject matter of the Tourism Industry for class X SMK Negeri 1 Jombang properly, so that it can be used to facilitate learning. Research that uses this type of research and development with a model procedure used to develop mobile learning is Decide, Design, Develop, Evaluate (DDD-E).
To determine the feasibility of mobile learning, data collection techniques were used using a closed questionnaire containing the material, media, and accompanying material feasibility instruments as well as a trial instrument for students. While the data analysis in the form of a questionnaire used the Guttman scale benchmarks, with the results of the percentage of eligibility obtained using the Arikunto formula. The percentage of eligibility of the media and accompanying materials by media experts obtained 100% results, and the percentage of material feasibility by material experts obtained 100% results with the average overall result showing very feasible criteria. The test results obtained from students through individual trials of 3 people obtained results of 85.7%, small group trials of 6 people obtained 90.4% results, and trials in large groups of 19 people obtained 96.9 results. %. The results of the overall trial analysis show that the mobile learning developed is very suitable for use in learning
Keywords: mobile learning, DDD-E, tourism industry, vocational high school