PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER PLC UNTUK
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK
ELEKTRO DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PLC TRAINER LEARNING MODULE DEVELOPMENT FOR
IMPROVING LEARNING MOTIVATION OF ENGINEERING DEPARTMENT STUDENTS
ELECTRONIC AT THE STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
mahasiswa supaya lebih efektif dalam hal teori maupun praktik. Pengembangan
modul ini guna meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata pelajaran
instalasi motor listrik, terutama pada PLC untuk jurusan Teknik Elektro. Cara
pengukuran atau cara untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar adalah
dengan dilakukannya pre-test dan post-test pada mahasiswa. Tujuan idari penelitian
ini yaitu menghasilkan modul iyang lebih efektif dengan memiliki syarat layak
ditinjau dari validitas dan efektifitas oleh validator yang memiliki tingkat validitas
yang baik dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Metode penelitian
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan proses pengembangan.
Penelitian dan pelaksanaan dilakukan pada mahasiswa TTL 2018 Jurusan Teknik
Elektro Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur
kevalidan modul menggunakan angket kepada dosen ahli desain, materi, bahasa,
format, cover, dan tata krama. Data yang telah didapat kemudian dianalisa secara
deskriptif. Jika interpretasi data hasil validitas modul diketahui memperoleh rata-
rata sebesar 90, maka kriteria kelayakan modul dinyatakan sangat valid.
Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan modul PLC CP1E dapat dilihat dari
nilai rata-rata pretest dan posttest, untuk pretest didapat nilaisebesar 64 dan posttest
sebesar 86.
Background of this research is to improve student learning outcomes to be more
effective in terms of theory and practice. The development of this module is to
increase student learning motivation in the subject of electric motor installation,
especially in PLC for the Electrical Engineering department. The measurement
method or method to determine the increase in learning motivation is to do a pre-
test and post-test on students. The purpose of this research is to produce a more
effective I-module by having proper conditions in terms of validity and
effectiveness by a validator who has a good level of validity and to determine the
improvement of learning outcomes. The research method uses the ADDIE model
which consists of 5 stages of the development process. The research and
implementation was carried out on TTL 2018 students, Department of Electrical
Engineering, State University of Surabaya. The instrument used to measure the
validity of the module uses a questionnaire to lecturers who are experts in design,
material, language, format, cover, and manners. The data that has been obtained is
then analyzed descriptively. If the interpretation of the data from the validity of the module is known to have an average of 90, then the module eligibility criteria are
declared very valid. The increase in learning outcomes using the PLC CP1E module
can be seen from the average value of the pretest and posttest, for the pretest, the
score is 64 and the posttest is 86.