PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERCAKAPAN BAHASA FUNGSIONAL PADA MODA TRANSPORTASI UNTUK ANAK DISABILITAS RUNGU
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan buku panduan percakapan bahasa fungsional pada moda transportasi untuk anak disabilitas rungu. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan Research and Development ( R & D ) dengan mengadaptasi model 4D dari Thiagarajan 1974 yaitu define, design, develop and disseminate. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan pengembangan yaitu define, design and develop.Produk yang dihasilkan berupa buku panduan percakapan bahasa fungsional pada moda transportasi untuk anak disabilitas rungu. Teknik analisis data menggunakan skala likert yang memiliki lima skor penilaian dan dirata-rata setiap butir pertanyaan. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Dari data uji validasi ahli materi mendapatkan skor persentase 78% berada pada kategori baik atau layak. Sedangkan , uji validasi dari ahli media memperoleh 98% berada pada kategori sangat layak. Artinya , buku panduan percakapan bahasa fungsional pada moda transportasi untuk anak disabilitas rungu layak digunakan.
Sedangkan dari hasil uji kepraktisan oleh ahli praktisi (guru kelas V) memperoleh 88% berada pada kategori baik. Kemudian, rata-rata hasil uji kepraktisan 6 siswa disabilitas rungu setelah diberikan buku panduan dan mempraktikannya memperoleh 90%.Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan praktis dan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa disabilitas rungu tentang moda transportasi. Perolehan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku Panduan Percakapan Bahasa Fungsional Pada Moda Transportasi Untuk Anak Disabilitas Rungu praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran siswa disabilitas rungu
This study aims to describe the validity and practicality of functional language conversation guidebooks for modes of transportation for children with hearing disabilities. This study used a Research and Development (R & D) approach by adapting the 4D model from Thiagarajan 1974, namely define, design, develop and disseminate. This study used three stages of development, namely define, design and develop. The resulting product is a functional language conversation manual on modes of transportation for children with hearing disabilities. The data analysis technique uses a Likert scale which has five assessment scores and is averaged for each question item. The validation test was carried out by material experts and media experts. From the material expert validation test data, a percentage score of 78% is in the good or proper category. Meanwhile, the validation test from media experts obtained 98% in the very feasible category. This means that functional language conversation guidebooks on modes of transportation for children with hearing disabilities are appropriate to use.
Meanwhile, the results of the practicality test by expert practitioners (grade V teachers) obtained 88% in the good category. Then, the average results of the practicality test of 6 students with hearing disabilities after being given a guidebook and practicing it obtained 90%. This shows that the guidebook is practical and to improve the communication skills of students with hearing disabilities about modes of transportation. Obtaining the results of this analysis, it can be concluded that the Functional Language Conversation Guidebook on Modes of Transportation for Children with Deaf Disabilities is practical and suitable for learning students with hearing disabilities