Studi Literatur Pengaruh Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK
Dalam memahami suatu materi pembelajaran, media belajar sangatlah penting yang dibutuhkan oleh siswa untuk memudahkan dan menarik perhatian dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Mobile learning merupakan suatu media pembelajaran yang dirasa cocok digunakan saat ini karena tingkat keefektifan dan kemudahannya. Pada mata pelajaran pemrograman dasar, pekerjaan koding atau pemrograman diharapkan mampu dibuat oleh siswa. Untuk melaksanakan pekerjaan koding tersebut, penyampaian materi yang dilakukan dengan cara konvensional dirasa tidak akan dipahami secara maksimal oleh siswa. Maka dari itu dikembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran Pemrograman Dasar berbasis Android di SMK. Pada Studi literatur ini metode yang digunakan yaitu Metode SLR (Systematic Literature Review). Terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan yaitu planning, conducting, dan reporting. Berdasarkan hasil rata – rata dari 13 literatur terdahulu menunjukkan hasil yang cukup signifikan mengenai hasil belajar siswa antara pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran pemrograman dasar. Hasilnya menunjukkan penggunaan model pembelajaran berbasis Android lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Kemudian dilakukan uji hipotesis dari beberapa literatur tersebut yang menyatakan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis Android terhadap hasil belajar siswa. Dari uji diatas disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android memiliki pengaruh sebesar 100% berdasarkan beberapa literatur yang dianalisa serta menghasilkan respon yang sangat baik dan positif yang diterima oleh siswa secara langsung sehingga cocok digunakan sebagai pendukung pembelajaran pemrograman dasar yang lebih efektif. Kata Kunci : Android, Pemrograman Dasar, Hasil Belajar
In understanding a learning material, learning media is very important needed by students to facilitate and attract attention in carrying out teaching and learning activities in the classroom. Mobile learning is a learning medium that is considered suitable for use today because of its effectiveness and ease. In basic programming subjects, coding or programming jobs are expected to be made by students. To carry out the coding work, it is felt that the delivery of material carried out in a conventional manner will not be fully understood by students. Therefore, an Android-based Basic Programming learning media application was developed at SMK.In this literature study, the method used is the SLR (Systematic Literature Review) method. There are three stages that must be carried out, namely planning, conducting, and reporting. Based on the average results of the 13 previous literature, it shows significant results regarding student learning outcomes between conventional learning and Android-based learning in basic programming subjects. The results show that the use of Android-based learning models is higher than conventional learning. Then conducted a hypothesis test from some of the literature which states that there is an effect of Android-based learning on student learning outcomes. From the test above, it is concluded that Android-based learning media has an effect of 100% based on some of the literature analyzed and produces very good and positive responses received by students directly so that it is suitable to be used as a more effective support for basic programming learning. Keywords: Android, Basic Programming, Learning Outcomes