Development Of Animation Media To Improve Students' Mastery Of Metamorphosis Material In Grade 4 Elementary Schools
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media animasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas dimana media yang dibuat dapat menampilkan suatu objek yang sulit dihadirkan secara langsung dalam kelas dalam bentuk gambar animasi. Selain itu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan juga kepraktisan media animasi pada materi metamorfosis yang dikembangkan untuk pembelajaran di kelas 4. Penggunaan media animasi dalam kelas juga dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran agar lebih semangat dan mudah mengerti dalam penyampaian materi metamorfosis dikelas 4 SD. Pengembangan media animasi ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini berasal dari siswa kelas 4 SDN Sambirejo Kec Saradan Kab. Madiun yang berjumlah 13 siswa. Hasil validasi dari ahli materi yang berasal dari guru dan dosen mendapatkan presentase rata-rata yaitu sebesar 95% dan mendapatkan presentase hasil rata-rata dari validasi media sebesar 96%. Sedangkan pada hasil keefektifan media animasi mengenai materi metamorfosis yang menilai peningkatan hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest yang diberikan mendapatkan peningkatan nilai N-Gain sebesar 0,59 sehingga masuk dalam kategori sedang dan media animasi mengenai mater metamorfosis ini memberikan dampak positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan pada penilaian tanggapan siswa yang diberikan dengan angket kuisioner yang diberikan kepada 13 siswa mendapatkan hasil presentase rata-rata sebesar 96% pada aspek tampilan media dan mendapatkan hasil 93,2% pada aspek penggunaan dalam pembelajaran dimana hasil tersebut masuk dalam kategori sangat baik untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, media animasi, metamorfosis
This study aims to develop animated media that can be used in classroom learning where the media created can display an object that is difficult to present directly in class in the form of an animated image. In addition to knowing the validity, effectiveness and practicality of animated media on metamorphosis material developed for learning in grade 4. The use of animation media in class can also motivate students to participate in learning so that they are more enthusiastic and easy to understand in delivering metamorphosis material in grade 4 SD. The development of this animated media uses the ADDIE development model. The subjects of this study came from 4th grade students at SDN Sambirejo, Kec Saradan, Kab. Madiun, totaling 13 students. The validation results from material experts who come from teachers and lecturers get an average percentage of 95% and get an average percentage of results from media validation of 96%. While the results of the effectiveness of the animation media regarding metamorphosis material which assesses the increase in student learning outcomes through the pretest and posttest given an increase in the N-Gain value of 0.59 so that it is included in the medium category and the animated media regarding metamorphosis material has a positive impact on improving learning outcomes student. Whereas in the assessment of student responses given with a questionnaire given to 13 students, an average percentage of 96% was obtained in the aspect of media display and 93.2% in the aspect of use in learning where the results were included in the very good category for use.
Keywords: Development, animation media, metamorphosis