Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Ken Blanchard-Paul Hersey
Principal Situational Leadership Ken Blanchard-Paul Hersey
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya kepemimpinan situasional yang dipopulerkan oleh Ken Blanchard dan Paul Hersey dalam pelaksanaan tugas dan fungsi seorang kepala sekolah. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur. Data dan informasi diperoleh dengan mengkaji jurnal penelitian nasional, jurnal penelitian internasional serta buku dan sumber lain yang relevan dengan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah. Kajian literatur dilakukan melalui tahapan: 1) Mencari sumber literatur yang relevan dengan topik artikel; 2) Menganalisis data dan informasi yang didapat; 3) Mengembangkan dan menyimpulkan hasil analisis literatur. Hasil analisa dari kajian literatur menunjukan bahwa kepemimpinan situasional kepala sekolah berdasarkan pendekatan teori kepemimpinan situasional Ken Blanchard dan Paul Hersey dijalankan kepala sekolah dengan membangun kesiapan guru dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dalam proses pembelajaran di sekolah, dengan melalui empat gaya kepemimpinan situasional yang ada, yaitu gaya telling, selling, participating dan delegating. Penggunaan empat gaya kepemimpinan situasional yang sesuai dengan tingkat kesiapan atau kematangan guru dan tenaga kependidikan akan menjadikan kepemimpinan kepala sekolah lebih efektif dalam mencapai tujuan pendidikan.
Kata kunci : gaya kepemimpinan situasional, kepala sekolah, ken blanchard-paul hersey
This article is purposed to describe the use of the situational leadership style popularized by Ken Blanchard and Paul Hersey in carrying out the duties and functions of principal. This article uses the literature study methodology. The data and information were gained by reviewing national journals, international journals, and books or other trusted sources which relevant to the principals’ situational leadership style. The literature review were done by following these steps: 1) Find the literature sources which relevant with the topic; 2) Analyze the data and information were gained; 3) Developing and make a conclusion of the literature analysis result. The results of the literature review showed that the principal's situational leadership is based on the Ken Blanchard and Paul Hersey situational leadership theory approach which is carried out by the principal by building the readiness of teachers and education staff to carry out tasks and obligations in the learning process at school, through four situational leadership styles exist, namely telling, selling, participating and delegating. The use of four situational leadership styles which appropriate with the level of readiness or maturity of the teacher and educational staff will make the principals leadership more effective in achieving educational goals.
Keywords : situational leadership style, principal, ken blanchard-paul hersey