Produksi Kata pada Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Pebelajar Lambat
Word Production in Children With Special Needs, Slow Learner Types
Anak pebelajar lambat memiliki hambatan dalam proses berpikir secara kompleks, khususnya dalam bahasa. Tingkat IQ yang rendah pada anak pebelajar lambat membuatnya mengalami kesulitan dalam proses pemerolehan bahasa yang berakibat pada produksi kata dan pelafalannya. Kesulitan tersebut tentunya mengganggu proses komunikasi dan penyampaian ide dalam pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran produksi kata dan pelafalan kata anak pebelajar lambat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisa penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dengan 2 siswa pebelajar lambat laki-laki dan perempuan kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan jika kedua siswa pebelajar lambat memproduksi kata dengan jenis nomina, verba, adjektiva, adverbia kuantitatif, adverbia frekuentatif, adverbia kontras, pronomina penunjuk, pronomina penghubung, konjungsi koordinatif, dan preposisi. Pada pelafalan kata terdapat beberapa kata yang masih diujarkan tidak sesuai ejaan Bahasa Indonesia, namun kebanyakan kata yang diujarkan sudah sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia.
Slow learner children have obstacles in complex thinking processes, especially in language. Low IQ levels in slow learner children make it difficult for the language acquisition process resulting in their word production and pronunciation. These difficulties certainly interfere with the process of communicating and conveying ideas in their learning process in school. This study aims to describe word production and word pronunciation of slow learner students. The research method used in this research is descriptive qualitative method with qualitative descriptive research analysis techniques. Data collection through in-depth interviews with 1 male and 1 female slow learner students of grade 5th elementary school. Results from this research showed that the two slow learner students produced words with the type of noun, verb, adjective, quantitative adverb, frequency adverbs, contrast adverbs, pronouns, conjunctions, and prepositions. In pronunciation, there are several words that are still pronounced not according to Indonesian spelling. However, most of the words spoken are in accordance with Indonesian spelling.