Penelitian ini membahas perihal strategi public relations dalam membentuk suatu citra yang dilakukan oleh Pihak Profesional dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM pada Kedai Kopi Cupable Yogyakarta, yang mengalami perubahan sistem manajemen. Di mana dalam pengelolaan Pihak Profesional menggunakan beberapa strategi yang cukup unik dan berbeda dari pengelolaan Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik analisis data menggunakan thematic coding dan tahapan tersebut diperoleh melalui data terkait seperti wawancara dan observasi. Strategi dalam pembentukan citra yang dilakukan Pihak Profesional yakni dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan, juga tidak membatasi hubungan baik kepada para pelanggan dan baristanya. Yang berbeda dengan Pusat Rehabilitasi YAKKUM adalah selain mengadakan pelatihan menyeduh kopi juga akan mengadakan pelatihan pengambilan foto dan video kepada para barista difabel.
Kata Kunci: Strategi Public Relations, Pihak Profesional, Citra, Kedai Kopi, Disabilitas.
This research discusses the public relations strategy in shaping an image carried out by professionals and the YAKKUM Rehabilitation Center at Yogyakarta Cupable Coffee Shop which experienced a shift in its management system. Professionals use strategies that are quite unique and different from the management of the YAKKUM Rehabilitation Center. This research used a case study method. Data analysis technique used thematic coding and the data were obtained through interviews and observations. Strategies in image formation carried out by professionals are not only by improving the quality of services to customers, but also improve good relations to customers and their businesses. On the other hand, YAKKUM Rehabilitation Center not only conducted coffee brewing training, but also held fotography training for its barista with disabilities.
Keywords: Public Relations Strategy, Professionals, Image, Coffee Shops, Disability.