PENGEMBANGAN E-MODUL ILUSTRASI DIGITAL UNTUK MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER JURUSAN SENI RUPA UNESA
DEVELOPMENT OF DIGITAL ILLUSTRATION E-MODULE FOR COMPUTER APPLICATION COURSES AT UNESA ART DEPARTMENT
Ilustrasi digital adalah salah satu hasil perkembangan seni rupa di bidang teknologi dan informasi. Prodi Pendidikan Seni Rupa Unesa dalam mata kuliah Aplikasi Komputer juga turut menerapkan pembelajaran ilustrasi berbasis digital. Berdasarkan identifikasi proses dan hasil pembelajaran selama masa pandemi COVID-19, pembelajaran ilustrasi digital kurang dapat disajikan dengan maksimal. Selain karena mahasiswa harus belajar di rumah, kendala koneksi internet juga menjadi faktor masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah e-modul mengenai ilustrasi digital dan dapat digunakan secara offline. Penilitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan tahapan pengembangan e-modul pembelajaran ilustrasi digital untuk mata kuliah Aplikasi Komputer di prodi Pendidikan Seni Rupa Unesa yang dirancang menggunakan metode penelitian R&D dengan sumber data berasal dari wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang digagas oleh Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2017) yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (p. 337). Hasil perancangan ini antara lain; (1) konsep perancangan e-modul pembelajaran ilustrasi digital yang dapat digunakan secara offline dengan media interaktif video dan slide gambar di dalamnya; (2) proses perancangan e-modul dimulai dari pembagian bab dan isi materi, mendesain tata letak dan materi modul, hingga mengubah format modul ke dalam bentuk digital, serta (3) proses validasi modul.
Kata Kunci: modul digital, pembelajaran, ilustrasi digital
Digital illustration is one of the results of the development of art in the field of technology and information. Unesa Fine Arts Education Study Program in the Computer Application course also implements digital-based illustration learning. Based on assessments and learning outcomes during the COVID-19 pandemic, digital illustration learning can not be maximally presented. Apart from the fact that students have to study at home, internet connection is also a problem. To solve this problem, an e-module on digital illustration was created and it can be used offline. This research aims to describe the concepts and stages of the development of digital illustration learning e-module for the Computer Application course in the Unesa Fine Arts Education study program, which is designed using the R&D method with data sources derived from interviews, questionnaires, and documentation. This study uses data analysis techniques initiated by Miles and Huberman in Sugiyono (2017) which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing (p. 337). The results of this design include; (1)concept of e-module design for digital illustration learning that can be used offline with interactive video and image slides; (2)e-module design process starts from the division of chapters and the content of the material, designing the layout and module material, changing the module format into digital form, and (3)module validation process.
Keywords: Digital module, learning, digital illustration.