KOMIK PEMBELAJARAN SENI LUKIS UNTUK SISWA KELAS 7 DI SMPN I
PAINTING ART LEARNING COMIC FOR 7TH CLASS STUDENTS ART SMPN I NGORO
Tempat penelitian di sekolah SMPN I Ngoro yang menjadi tempat tujuan penulis, dalam pembelajarannya mengalami keterlambatan dalam penjelasan materinya, dan juga hal yang terjadi kepada murid-murid kelas VII yang ada di sana,karena dianggap pelajaran seni budaya tidak terlalu penting dan diminati oleh sebagian murid, karena ada juga faktor nilai seni budaya tidak menjadi penentu dalam kenaikan kelas mereka, adapun juga karena metode pengajaran yang di sana sama dengan metode pengajaran mata pelajaran lainnya. Pada penelitian kali ini, penulis merancang media belajar yang berdasarkan dari komik yang berisikan tentang pelajaran pengenalan seni lukis yang nantinya akan diuji cobakan kepada siswa kelas VII di SMPN I Ngoro. Pengembangan media ini dipilih karena penulis memiliki solusi atas masalah untuk mengenalkan seni lukis pada anak-anak menggunakan media komik yang mana komik sendiri adalah hal yang dikuasai oleh penulis, dan juga ingin memperlihatkan pada anak-anak jika dengan media seperti ini dapat memberi mereka pengetahuan dengan cara yang unik dan menarik. Selain itu, ilustrasi yang terdapat dalam buku komik ini dapat mempermudah untuk mengikuti pelajaran yang akan mereka bahas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat potensi dari perancangan media komik ini, apakah bisa menjadi alternatif untuk pembelajaran di sekolah. Perancangan ini memilih metode research and development milik Sugiyono (2010). Menurut hasil penelitian di kelas dengan jumlah 20 orang kelas 7, memperoleh nilai 15 dengan prosentase sebesar 75% dengan indikator keterangan cukup layak.
Keywords: buku komik, mengenal seni lukis, SMPN I Ngoro
The research place at the SMPN I Ngoro school which is the author's destination, in his learning experience delays in explaining the material, and also what happened to class VII students who were there, because it was considered that art and culture lessons were not too important and were of interest to some students. , because there are also factors that the value of art and culture is not a determinant in their grade promotion, while also because the teaching method there is the same as the teaching method for other subjects. In this study, the author designed a learning media based on comics which contained an introduction to painting lessons which would later be tested on seventh grade students at SMPN I Ngoro. This media development was chosen because the author has a solution to the problem of introducing painting to children using comics media where comics themselves are the thing that the author controls, and also wants to show children that using media like this can give them knowledge with unique and interesting way. In addition, the illustrations contained in this comic book can make it easier to follow the lessons they will discuss. The purpose of this research is to see the potential of the comic media design, wheter it can be an alternative for learning in school, This design chooses the research and development method belonging to Sugiyono (2010). According to the results of the research in the class with a total of 20 people in grade 7, getting a score of 15 with a percentage of 75% with a fairly decent information indicator.
Keywords: comic books, learn about painting, SMPN I Ngoro