KEYAKINAN GURU SD BERPRESTASI TENTANG MATEMATIKA YANG MEMENGARUHI PANDANGAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA
OUTSTANDING ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS' BELIEFS IN MATHEMATICS THAT INFLUENCE STUDENTS' VIEWS ON MATHEMATICS
Penelitian ini didasari pada pengalaman dan pengamatan peneliti tentang keyakinan yang dimiliki seorang calon guru dalam pembelajaran matematika yang memengaruhi praktik mengajarnya didalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah dasar yang berbeda berdasarkan penempatan guru berprestas. Seleksi Guru berprestasi yang setiap tahun dilaksanakan se – Kecamatan Driyorejo bertujuan untuk mendorong dan memotivasi dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru yang diharapkan akan berpengaruh positif pada kinerja dan prestasi kerjanya. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mencari tahu apa keyakinan yang dimiliki oleh ketiga guru berprestasi tersebut dalam pembelajaran matematika, sehingga ketika keyakinan tersebut diterapkan dapat berdampak baik bagi praktik mengajar di dalam kelas dan memengaruhi pandangan siswa terhadap pembelajaran matematika menjadi menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mencari tahu asal pandangan peneliti sebagai seorang calon guru SD yang memiliki pengalaman ketika PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) saat mengajar matematika, (2) bertujuan untuk mencari tahu pandangan seorang guru SD terhadap matematika. Bagaimana beliau memandang sebuah pembelajaran matematika yang dapat memengaruhi pandangan siswa, (3) untuk mengetahui bagaimana keterkaitan antara keyakinan guru tentang matematika yang memengaruhi pandangan siswa terhadap matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif transformatif yang menjadikan seorang sadar akan pengalaman yang terjadi dalam dirinya serta hubungannya dengan lingkungan sosialnya,sehingga memungkinkan seseorang untuk merubah pola pemikiran lama menjadi pola pemikiran baru. Subjek penelitian ini adalah peneliti, guru berprestasi, dan siswa di tiga sekolah dasar yang berbeda. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data writing as inquiry untuk mengumpulkan data dan menceritakan pengalaman kehidupan partisipan penelitian, writing critical auto | ethnography untuk mengeksplorasi pengalaman dan untuk menjawab berbagai pertanyaan kritis peneliti, wawancar semi terstruktur, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan pandangan peneliti tentang keyakinan yang dimiliki dalam pembelajaran matematika saat menjadi siswa, mahasiswa dan pendidik yang berubah seiring bertambahnya pengalaman yang didapatkan.
This research is based on the experience and observations of researchers about the beliefs that a prospective teacher has in learning mathematics that affect his teaching practice in the classroom. The study was conducted in three different primary schools based on the placement of prestigious teachers. The selection of outstanding teachers which is annually carried out in Driyorejo sub-district aims to encourage and motivate the dedication, loyalty and professionalism of teachers who are expected to have a positive effect on their performance and work performance. Based on this, researchers wanted to find out what beliefs the three outstanding teachers had in mathematics learning, so that when these beliefs were applied they could have a good impact on teaching practices in the classroom and affect students' views on mathematics learning to be fun. The purpose of this study is (1) to find out the origin of the researcher's view as a prospective elementary school teacher who has experience when PLP (School Field Introduction) when teaching mathematics, (2) aims to find out the views of an elementary school teacher on mathematics. (3) to find out how the relationship between teachers' beliefs about mathematics affects students' views on mathematics.
This research is a transformative qualitative research that makes a person aware of the experiences that occur in him and his relationship with his social environment, thus allowing a person to change old thinking patterns into new thinking patterns. The subjects of the study were researchers, outstanding teachers, and students in three different elementary schools. This study uses data collection techniques writing as inquiry to collect data and tell the life experiences of research participants, writing critical auto (ethnography to explore experiences and to answer various critical questions of researchers, semi-structured interviews, observations and documentation studies.
The results of this study show a change in the researchers' views on the beliefs they have in learning mathematics when they are students, students and educators who change as the experience gains.