Pengaruh
Literasi Keuangan, Penggunaan Media Sosial, Dan Hasil Belajar Mata
Kuliah Kewirausahaan Terhadap Perilaku Berwirausaha Dengan Self
Efficacy Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa S1 Fakultas
Ekonomika Dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya
Kode Dokumen :
0004/PASCA-T-EKON/2024
Penulis Utama :
NOVITA APRILIA
NIM Penulis Utama:
22070925002
Tahun :
2024
Judul ID :
Pengaruh
Literasi Keuangan, Penggunaan Media Sosial, Dan Hasil Belajar Mata
Kuliah Kewirausahaan Terhadap Perilaku Berwirausaha Dengan Self
Efficacy Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa S1 Fakultas
Ekonomika Dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya
Judul EN :
The Influence Of Financial Literacy, Social Media Use, And
Entrepreneurship Learning Outcomes On Entrepreneurial Behavior With Self
Efficacy As A Moderating Variable In Undergraduate Students Of The Faculty Of
Economics And Business (FEB) State University Of Surabaya
Sumber :
UNESA -
Fakultas Ekonomika dan Bisnis -
Jurusan S2 Pendidikan Ekonomi -
22070925002 -
2024
Jenis Dokumen :
Tesis
Abstrak ID :
Penelitian ini
bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh literasi keuangan, penggunaan media
sosial, dan hasil belajar mata kuliah kewirausahaan terhadap perilaku
berwirausaha, dengan self-efficacy sebagai variabel moderasi, pada
mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis
(FEB)Universitas Negeri Surabaya. Literasi keuangan, penggunaan media
sosial, hasil belajar kewirausahaan, perilaku berwirausaha, dan self-efficacy
merupakan variabel-variabel yang dianggap penting dalam memahami dan
memprediksi kecenderungan mahasiswa dalam berwirausaha. Metode penelitian yang
digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data.
Responden penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)Universitas Negeri Surabaya yang
memiliki usaha. Pengambilan sampel dilakukan secara pusposive sampling atau
pengambilan sampel dengan adanya kriteria khusus. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuisioner dan
analisis dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan
progra m statistik Smartpls.. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh
positif dan signifikan dari literasi keuangan, penggunaan media sosial, dan
hasil belajar mata kuliah kewirausahaan tidak dapat berpengaruh terhadap
perilaku berwirausaha mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang
memiliki tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi, lebih aktif dalam
menggunakan media sosial untuk kegiatan berwirausaha dapat mencerminkan
perilaku berwirausaha yang baik, sedangkan
memiliki hasil belajar yang baik dalam mata kuliah kewirausahaan belum
bisa mencerminkan perilaku berwirausaha yang lebih kuat. Selanjutnya, self-efficacy
terbukti memoderasi hubungan antara penggunaan media sosial dengan perilaku
berwirausaha. Tetapi self efficacy tidak bisamemoderasi pengaruh
literasikeungan dan hasil belajar mata kuliah kewirausahaan terhadap perilaku
berwirausaha. Ini mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan diri mahasiswa dalam
kemampuan mereka untuk berwirausaha memengaruhi seberapa kuat hubungan antara
variabel-variabel tersebut dengan perilaku berwirausaha. Mahasiswa yang
memiliki self-efficacy yang tinggi cenderung lebih mampu mengubah
pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui penggunaan media sosial
menjadi tindakan nyata dalam berwirausaha.
Abstrak EN :
This research aims to explore
the influence of financial literacy, use of social media, and learning outcomes
in entrepreneurship courses on entrepreneurial behavior, with self-efficacy as
a moderating variable, in undergraduate students at the Faculty of Economics
and Business, Surabaya State University. Financial literacy, use of social
media, entrepreneurial learning outcomes, entrepreneurial behavior, and
self-efficacy are variables that are considered important in understanding and
predicting students' entrepreneurial tendencies. The research method used was a
survey with a questionnaire as a data collection instrument. The respondents of
this research are undergraduate students from the Faculty of Economics and
Business, Surabaya State University who own businesses. Sampling was carried
out by pursive sampling or sampling using special criteria. This research uses
a quantitative approach with data collection methods through questionnaires and
analysis is carried out using Structural Equation Modeling (SEM) using the
Smartpls statistical program. The research results show that there is a
positive and significant influence of financial literacy, use of social media,
and learning outcomes in entrepreneurship courses that cannot influence
students' entrepreneurial behavior. This shows that students who have a higher
level of financial literacy and are more active in using social media for
entrepreneurial activities can reflect good entrepreneurial behavior, while
having good learning outcomes in entrepreneurship courses cannot reflect
stronger entrepreneurial behavior. In addition, self-efficacy has been proven
to moderate the relationship between social media use and entrepreneurial
behavior. However, self-efficacy cannot moderate the influence of financial
literacy and learning outcomes in entrepreneurship courses on entrepreneurial
behavior. This indicates that the level of students' self-confidence in their
ability to be entrepreneurial influences how strong the relationship between
these variables is and entrepreneurial behavior. Students who have high
self-efficacy tend to be more able to convert the knowledge and skills gained
through the use of social media into real entrepreneurial action.