Pengaruh Penggunaan Platform Rumah Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa
The Effect Of Using Rumah Belajar Platform In Learning Biology On Self Regulated Learning
Platform Rumah Belajar dikembangkan dan dibuat oleh Kemendikbud sejak tahun 2011 untuk memfasilitasi pembelajaran siswa yang berfungsi meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform Rumah Belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 67 siswa SMA dengan kriteria pernah menggunakan platform Rumah Belajar untuk pembelajaran biologi. Kemandirian siswa dapat diukur dengan melakukan uji regresi sederhana melalui software SPSS untuk mengetahui pengaruh antar dua variabel penelitian. Hasil penelitian ini diketahui bahwa platform Rumah Belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi sebesar 23,1%. Pengaruh tersebut dikarenakan interface platform yang mudah, fitur video animasi biologi dan bank soal mempermudah kegiatan pembelajaran sehingga siswa mudah memahami berbagai materi biologi seperti virus, genetika, sistem pencernaan manusia, sistem reproduksi dan lain sebagainya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa platform Rumah Belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran biologi.
Kata Kunci: kemandirian belajar, pembelajaran biologi, pengaruh, rumah belajar.
Rumah Belajar platform has developed and created by Kemendikbud Since 2011 to fasilitate studend learning to increase student learning independence. This research aims to analyzed the effect of the Rumah Belajar platform on student learning independence. This research method is quantitative and used questionnaires to collect data. This research's sample consisted of 67 high school students who had used the Rumah Belajar platform for biology learning. Student learning independence can be measured by a simple regression test through SPSS software to determine the effect between two variables. The results of this research show that the Rumah Belajar platform has a 23.1% effect on the learning independence of biology students. This is a result of the platform's user-friendly interface, biology animation video features and question banks made learning activities had easy, so that students can understand biology topic aesily such as viruses, genetics, the human digestive system, and others.Therefore, can be concluded that Rumah Belajar platform has a significant impact in student learning independence in biology learning.
Keywords: learning independence, biology learning, influence, learning house.