Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Metode Webqual 4.0
Evaluation of the Service Quality of the Sistem Informasi Kepegawaian Using the Webqual 4.0 Method
Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) merupakan website yang digunakan oleh Distrik Navigasi Kelas I Surabaya dalam menyimpan seluruh data pegawainya. Penelitian ini menggunakan metode webqual karena metode ini termasuk salah satu metode yang digunakan untuk mengukur kualitas suatu website yang menggunakan dimensi Usability (U), Information Quality (IQ), dan Interactin Services Quality (IS) yang dapat menjawab kebutuhan pengguna dalam layanan website. Penelitian ini dilakukan di Distrik Navigasi Kelas I Surabaya. Populasi dan sampel digunakan untuk memperoleh fakta dan masalah dari sudut pandang pengguna akhir Sistem Informasi Kepegawaian (SIK). Adapun metoda dalam penelitian ini menggunakan metoda survey berbasis kuesioner dan sampel didapatkan menggunakan rumus slovin yang menghasilkan sebanyak 147 responden dari seluruh end user Sistem Informasi Kepegawaian (SIK). Hasil penelitian ini yang signifikan adalah dimensi Interaction Services terhadap Website Service Quality, hal tersebut berarti perlu adanya perhatian terhadap interaksi layanan pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIK). Oleh karena itu pada penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan layanan Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) supaya kedepannya website dapat berkembang lebih baik. Berdasarkan aspek interaction services, hal tersebut dapat memberi masukan kepada pengembang website supaya meningkatkan kualitas interaksi salah satunya pelayanan terhadap keluhan seputar website dapat ditingkatkan.
Sistem Inforrmasi Kepegawaian (SIK) is a website used by the Class I Navigation District of Surabaya to store all employee data. This study uses the webqual method because this method is one of the methods used to measure the quality of a website that uses the dimensions of Usability (U), Information Quality (IQ), and Interactin Services Quality (IS) which can answer user needs in website services. This research was conducted in the Class I Navigation District, Surabaya. Population and sample are used to obtain facts and problems from the point of view of the end user of the Sistem Inforrmasi Kepegawaian (SIK). The method in this study used a questionnaire-based survey method and the sample was obtained using the slovin formula which resulted in 147 respondents from all end users of the Sistem Inforrmasi Kepegawaian (SIK). The significant result of this research is the dimension of Interaction Services on Website Service Quality, it means that there is a need for attention to service interaction in the Sistem Inforrmasi Kepegawaian (SIK). Therefore, this study provides recommendations for improving the Sistem Inforrmasi Kepegawaian (SIK) service so that in the future the website can develop better. Based on the aspect of interaction services, this can provide input to website developers so that they can improve the quality of interactions, one of which is that services for complaints about websites can be improved.