Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pemecahan Masalah Kolaboratif
Analysis of Students' Mathematical Communication Ability Through Collaborative Problem Solving
Kemampuan komunikasi matematis merupakan sarana untuk menyampaikan ide, strategi dan solusi matematika untuk memecahkan masalah matematika baik tertulis maupun lisan. Pemecahan masalah kolaboratif (Collaboraive Problem Solving) adalah kerja sama antara dua individu atau lebih dengan kemampuan dan keterampilan setiap individu untuk menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pemecahan masalah kolaboratif. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas XI SMK yang dibagi menjadi 3 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 2 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Peneliti akan menyeleksi data awal terkait kemampuan subjek berdasarkan nilai rapor matematika sehingga terpilih 6 siswa. Peneliti menggunakan nilai rata-rata rapor matematika karena melalui nilai rata-rata rapor matematika dapat dilihat prestasi belajar atau kemampuan siswa. Kemudian subjek yang terpilih akan melakukan tes komunikasi matematis tulis dan wawancara. Teknik analisis pada penelitian ini dibedakan atas tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Skala tingkat kemampuan collaborative problem solving (CPS) dikelompokkan 4 tingkat yaitu tingkat 1 hingga 4 dimana setiap tingkat memiliki kriteria masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek kelompok 1 dengan tingkat collaborative problem solving berada pada tingkat 2 memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi, subjek kelompok 2 dengan tingkat collaborative problem solving berada pada tingkat 1 memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sangat rendah, dan kelompok subjek 3 dengan tingkat collaborative problem solving berada pada tingkat 1 memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah. Dalam pembelajaran matematika dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat seperti pembelajaran kooperatif (group investigation, TPS dan lain-lain) agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa baik secara lisan maupun tulisan serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah terutama pada saat berkolaborasi atau berkelompok.
Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, pemecahan masalah kolaboratif (collaborative problem solving).
Mathematical communication skills are a means to convey mathematical ideas, strategies and solutions to solve mathematical problems both written and oral. Collaborative problem solving is cooperation between two or more individuals with the abilities and skills of each individual to solve a problem. This research is a qualitative descriptive study that aims to describe students' mathematical communication skills through collaborative problem solving. The subjects of this study were 6 students of class XI SMK which were divided into 3 groups where each group consisted of 2 students. The instrument used is a test of mathematical communication skills and interviews. The researcher will select the initial data related to the subject's ability based on the score of the math report card so that 6 students are selected. The researcher uses the average score of the math report card because through the average score of the math report card, students' achievement or ability can be seen. Then the selected subject will do a written mathematical communication test and interview. The analysis technique in this study is divided into three stages, namely: data reduction, data presentation and conclusion drawing and verification. The collaborative problem solving (CPS) ability level scale is grouped into 4 levels, namely levels 1 to 4 where each level has its own criteria. The results showed that the subject of group 1 with the level of collaborative problem solving at level 2 had high mathematical communication skills, the subject of group 2 with the level of collaborative problem solving at level 1 had very low mathematical communication skills, and subject group 3 with the level of collaborative problem solving at level 1 has low mathematical communication skills. In learning mathematics, you can use appropriate learning methods such as cooperative learning (group investigation, TPS and others) in order to improve students' mathematical communication skills both orally and in writing and improve problem solving skills, especially when collaborating or in groups.
Keywords: mathematical communication skills, collaborative problem solving.