IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SENTRA ENGLISH LAND TK-IT AT-TAQWA SURABAYA
THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH LEARNING IN THE ENGLISH LAND CENTER OF TK-IT AT-TAQWA SURABAYA
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak kini menjadi salah satu program unggulan yang diajarkan di Taman Kanak-kanak, termasuk TK-IT At-Taqwa Surabaya. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan di sentra English Land TK-IT At-Taqwa Surabaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sentra, kepala sekolah, konsultan Bahasa Inggris lembaga, anak-anak dan dan orangtua anak. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meunjukkan bawa tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di sentra English Land TK-IT At-Taqwa adalah untuk pengenalan awal Bahasa Inggris kepada anak. Pemilihan materi menyesuaikan dengan tema dan spiritual paradigm. Metode yang digunakan adalah metode Total Physical Respon (TPR). Media yang digunakan pada saat pembelajaran adalah Media Pandang berupa gambar. Dalam kelas yang menggunakan metode TPR, guru bertugas sebagai pemberi perintah atau pengarah/instruktur. Adapun untuk kemampuan anak, anak kelas A dan B telah mampu menjawab dengan baik secara mandiri, tetapi beberapa anak juga masih dibantu oleh guru dalam menjawab.Lingkungan tempat belajar menggunakan indoor berupa ruang kelas yang didesain sesuai dengan model pembelajaran Sentra. Pada evaluasi pembelajaran, anak mampu menjawab dengan saangat baik dan mandiri, mendapat nilai 4; apabila menjawab dengan cukup baik dan mandiri mendapat nilai 3; dan apabila anak masih membutuhkan bantuan guru saat menjawab maka mendapat nilai 2, dan apabila tidak menjawab sama sekali mendapat nilai 1. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan Bahasa Inggris anak yaitu adanya rangsangan Bahasa Inggris yang sangat baik oleh orang tua dan lingkungannya ketika dirumah, seperti mengikuti kursus bahasa Inggris, menonton TV atau youtube berbahasa Inggris dan interaksi antara orangtua dan anak menggunakan Bahasa Inggris.
Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Inggris untuk anak.
Learning English for children is now one of the leading programs taught in Kindergartens, including TK-IT At-Taqwa Surabaya. This qualitative research aims to describe the implementation of English language learning in the English Land center of TK-IT At-Taqwa Surabaya. Data collection techniques used observations, interviews, and documentation. The subjects in this study were center teacher, school principals, institutional English consultant, children and children's parents. The research data were analyzed using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the purpose of learning English at the English Land center TK-IT At-Taqwa is for the initial introduction of English to children. The choice of material adjusts to the theme and spiritual paradigm. The method used is the Total Physical Response (TPR) method. The media used at the time of learning is Visual Media in the form of pictures. In a classroom that uses the TPR method, the teacher is in charge of giving orders or directors / instructors. As for children's abilities, grade A and B children have been able to answer well independently, but some children are also still assisted by the teacher in answering. The learning environment uses indoor in the form of classrooms designed according to the Sentra learning model. In the learning evaluation, the child was able to answer very well and independently, getting a score of 4; if the answer is good enough and independently gets a score of 3; and if the child still needs the help of the teacher when answering, then he gets a score of 2, and if he doesn't answer at all he gets a score of 1. There are some factors that affect the child's English skills are the stimulation of English given by their parents and their environment when at home, such as taking English courses, watch English TV or youtube and the interaction between parents and children is in English.
Keywords: Learning English, English for children.