NEOLOGISME DALAM IKLAN BMW
NEOLOGISM IN BMW ADVERTISING
Dalam sebuah iklan dibutuhkan pemahaman atas teks atau kalimat dalam iklan tersebut dengan tujuan agar pesan yang akan disampaikan oleh pembuat dipahami oleh pembaca. Periklanan ini sendiri adalah berupa pesan-pesan penjualan yang paling persuasif sehingga bahasa iklan sendiri harus mudah dicermati dan dipahami oleh yang ditujukan kepada calon pembeli. Seiring berjalannya waktu, bahasa pada iklan mengalami modifikasi dengan menyesuaikan zaman seperti meminjam dari bahasa asing maupun kata baru yang disusun dari beberapa kata. Neologisme merupakan istilah dari leksikologi yang digunakan pada pertengahan abad 20 yang secara umum, neologisme dipahami sebagai satuan leksikal atau satuan makna yang terbentuk dalam perkembangan bahasa pada masyarakat tutur dan diterima oleh para pengguna bahasa. Tujuan penggunaan neologisme pada iklan ini adalah kata-kata baru unit leksikal dari ekspresi yang digunakan orang dan neologisme dapatkan dari orang lain mempermudah dan menyelaraskan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kalimat neologisme pada iklan BMW dengan ditinjau kajian berupa konsep dari kalimat neologisme menurut kajian stilistika leksikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teori dari Drowdowski, Yule, Shchipitsina, Duden dan Ridwan. Objek yang diteliti berupa 6 kalimat dalam iklan BMW yang di antaranya mengandung kalimat neologisme yang ditemukan pada akun laman resmi BMW negara Jerman. Hasil penelitian menunjukan bahwa 6 data tersebut terdapat kalimat neologisme yang menggunakan teknik penggabungan sebanyak 3 kata, teknik peminjaman dalam bahasa asing sebanyak 2 kata, dan menggunakan akronim 1 kata.
In an advertisement, an understanding of the text or sentences in the advertisement is needed with the aim that the message to be conveyed by the author is understood by the reader. This advertising itself is in the form of the most persuasive sales messages so that the advertising language itself must be easily observed and understood by those addressed to potential buyers. Over time, the language in advertisements has been modified to suit the times, such as borrowing from foreign languages or new words composed of several words. Neologism is a term of lexicology used in the mid-20th century which in general, neologism is understood as a lexical unit or unit of meaning formed in the development of language in speech communities and accepted by language users. The purpose of using neologisms in this advertisement is that new words are lexical units of expressions used by people and neologisms get from other people to simplify and harmonize.
The purpose of this study is to describe the forms of neologism sentences in BMW advertisements by reviewing the study of the concept of neologism sentences according to the study of lexical stylistics. The research method used is a qualitative method with the theory of Drowdowski, Yule, Shchipitsina, Duden and Ridwan. The object under study is in the form of 6 sentences in BMW advertisements, which include neologisms found on the official BMW page account in Germany. The results showed that the 6 data contained neologism sentences using 3 words combining techniques, 2 words borrowing techniques in foreign languages, and using 1 word acronyms.