PERSEPSI PELAJAR BAHASA ASING INGGRIS TERHADAP PENGGUNAAN IDIOM DALAM PERCAKAPAN SEHARI – HARI
EFL LEARNERS’ PERCEPTIONS ON THE USE OF IDIOMS IN DAILY CONVERSATION
Ada banyak peserta didik EFL berpikir bahwa idiom sangat sulit untuk di pahami baik dari berbicara dan menulis karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : kurangnya kosakata baru, latar belakang budaya yang berbeda dan strategi yang sedang di hadapi oleh EFL. Secara umum idiom terlihat mudah di pelajari atau di pahami. Namun , ini bukan masalahnya. Sebuah idiom adalah kombinasi dari kata kata yang maknanya terintegrasi dan tidak dapat di tafsirkan secara langsung, tetapi dapat di tafsirkan bersama kalimat. Lazar (1996) menyatakan bahwa bahasa kiasan adalah area yang sering diabaikan dalam pengajaran kosakata. Studi ini mengacu pada persepsi peserta didik EFL tentang penggunaan idiom dalam penggunaan sehari- hari yang membuat pelajar sulit dalam memahami dan menggunakan idiom. Penelitian kuantitatif digunakan dalam proses pengumpulan data dan meminta peserta didik EFL untuk menjawab kuisionar untuk mengidentifikasi persepsi mereka terhadap penggunaan idiom dalam hal berbicara dalam kehidupan sehari-hari mereka. Subjek dipilih di antara 35 peserta didik EFL ESC di jurusan Bahasa inggris dari Universtitas Negeri Surabaya.Temuan penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua istilah yaitu penggunaan idiom dengan cara dan kesulitan. Cara mengacu pada bagaimana peserta didik EFL mempersepsikan strategi mereka dalam memahami idiom dalam penggunaan sehari-hari. Sedangkan kesulitan mengacu pada bagaimana peserta didik EFL tentang penggunaan idiom dalam percakapan sehari-hari bahwa sebagian besar siswa tidak memiliki strategi,tidak pernah mempraktikkan idiom dalam berbicara dan mengalami kesulitan,mereka menganggap bahwa idiom tersebut sulit diterapkan dalam percakapan sehari-hari. Sementara itu, beberapa dari mereka memiliki strategi sendiri dalam mengatasi kesulitan dan menerapkan idiom dalam penggunaan sehari-hari. Strategi mereka adalah belajar melalui media sosial,puisi,novel,film dan terjemahan google. Peneliti menyarankan bahwa pelajar EFL perlu belajar tentang idiom secara mendalam mengenai pengaruh dan pentingnya penggunaan sehari-hari dalam percakapan.
Kata kunci: Idiom, Pelajar, Persepsi, Strategi – Strategi
There are many EFL learners think that idioms are very difficult to understand both from speaking and writing because of several factors namely: the lack of new vocabularies, different cultural backgrounds and strategies which are being faced by EFL learners. In general, idioms seemed easy to learn or understand. However, this is not the case. An idiom is a combination of words whose meanings are integrated and cannot be interpreted directly, but can be interpreted together with sentences. Lazar (1996) states that figurative language is an area often neglected in the teaching of vocabulary. This study aimed to describe EFL learners’ perceptions on idioms usage in daily use which makes learners difficult in understanding and using an idiom. Quantitative research was used in the process of collecting data and asking EFL learners to answer the questionnaires to identify their perception toward the use of idioms in terms of speaking in their daily life. The subject was chosen among 35 EFL learners of ESC in English department from State University of Surabaya. Findings of this research were classified into two terms those are the idioms usage in manner and hardship. Manner refered to how EFL learners perceived their strategy in comprehending idioms in daily usage. While hardship refers to how EFL learner’s challenges in comprehending idiomatic expressions. Based on the result, EFL learners’ perceptions of idioms in daily conversation that most of the students have no strategy, have never practiced idioms in speaking and have difficulty, they consider that the idioms are difficult to apply in daily conversation. Meanwhile, some of them have their own strategies in overcoming difficulties and applying idioms in daily use. Their strategies were learning through social media, poetry, novels, films and google translation. The researcher suggested that EFL learner need to learn about idioms deeply regarding to the influence and importance of the idioms daily usage in conversation.
Kata kunci: Idioms, learners, Perception, Strategies