Buku teks adalah bagian penting dari pengajaran bahasa Inggris. Dalam memastikan unsur-unsur yang sesuai dari buku teks, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kegunaan dan memberikan evaluasi kualitatif dari unsur-unsur umum dan konten belajar-mengajar dari buku teks berjudul "Bahasa Inggris SMA / MA / SMK / MAK Kelas X Revisi 2017.” Studi ini berfokus pada tata letak dan aspek kesesuaian dari buku teks dengan kurikulum dan menggunakan instrumen yang dapat diandalkan dari daftar periksa evaluasi pengajaran bahasa Inggris dan standar nasional Indonesia dalam menganalisis data. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif buku teks dalam menganalisis data. Peneliti mengumpulkan data dengan mengumpulkan buku teks dan instrumen, membiasakan data, mengkode, dan memilih sampel dari buku teks. Analisis dokumen kualitatif mendalam dilakukan untuk mengumpulkan deskripsi evaluasi material. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kesesuaian unsur buku teks memiliki kegunaan yang tinggi dengan skor (M = 2, 9). Selain itu, peneliti juga menggambarkan implikasi kualitatif dari daftar periksa. Temuan penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan perancang instruksional dalam membuat rancangan buku teks di masa depan.
A textbook is an essential part of English language teaching. In assuring the appropriate elements of the textbook, the objectives of this present study are to find the usefulness and provide a qualitative evaluation of the general elements and teaching-learning content of the textbook entitled “Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X 2017 revision.” This study focuses on the layout and the congruency aspect of the textbook with the curriculum and used reliable instruments of an English language teaching evaluation checklist and Indonesian national standard in analyzing the data. The present study uses a textbook analysis descriptive qualitative method in analyzing the data. The researcher gathered the data by gathering the textbook and the instruments, familiarize the data, coding, and select snapshots of the textbook. In-depth qualitative document analysis was conducted to gather the description of the material evaluation. The findings of this study reveal that the usefulness of the textbook has high usefulness with a score of (M= 2. 9). Additionally, the researcher also describes the qualitative implication of the evaluation checklist. The finding of the study is expected to be useful for the teacher and instructional designer in making a future decision of the textbook.