Dampak Media Sosial (Tik-Tok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
The Impact Of Social Media (Tik-Tok) On The Polite Behavior Of Sixth Grade Elementary School
Dengan adanya kemajuan teknologi, media sosial menjadi salah satu hal yang ikut berkembang. Media sosial yang saat ini tengah digunakan banyak kalangan adalah Tik-Tok, tidak terkecuali anak-anak. Tik-Tok menjadi salah satu media sosial populer karena penggunaanya yang mudah dan konten yang terdapat di Tik-Tok bermacam-macam. Karena banyaknya konten tersebut, ditakutkan anak-anak mengakses konten negatif yang memberikan dampak buruk terhadap sopan santun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data dari siswa kelas VI, orang tua siswa VI dan guru wali kelas VI SDN Buncitan 404, Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian dan verifikasi data untuk memilah data dan menarik kesimpulan penelitian. Penelitian ini berfokus pada penggunaan Tik-Tok, dampak, serta upaya yang dilakukan guru dan orang tua selama ini untuk menanamkan perilaku sopan santun. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, penggunaan media sosial Tik-Tok pada siswa SD kelas VI digunakan untuk mencari hiburan dan menggunggah hasil kreativitas. Konten yang disukai siswa pun beragam diantaranya konten tentang edit video, K-POP, menari, memasak, meme, berita viral, islam, anime dan kucing. Dampak bermain Tik-Tok terhadap sopan santun anak yaitu anak menjadi lebih acuh terhadap sekitar jika sudah asyik membuka aplikasi Tik-Tok. Selain itu jika anak sudah membuka Tik-Tok, mereka akan menghabiskan waktu ber jam-jam untuk mengakses konten di aplikasi ini. Karena itu diperlukannya pengawasan dan bimbingan dari orang tua dan guru agar anak tidak kecanduan media sosial. Untuk membangun karakter sopan santun, guru dan orang tua sudah berupaya untuk menanamkan karakter baik pada anak. Upaya yang mereka lakukan diantaranya memberikan nasihat, contoh teladan, pembiasaan dan juga pemberian punishment jika anak berperilaku buruk dan reward jika anak berperilaku baik.
Kata Kunci: Tik-Tok, Sopan Santun, Konten
With the advancement of technology, social media has become one of the things that has developed. Social media that is currently being used by many people is Tik-Tok, and children are no exception. Tik-Tok has become one of the popular social media because of its easy use and the variety of content on Tik-Tok. Because of the large amount of content, it is feared that children will access negative content that has a bad impact on polite behaviorThis research used a qualitative descriptive method with data sources from sixth grade students, sixth grade students' parents and sixth grade teachers at Buncitan 404 elementary school, Sidoarjo. In this research, interview, observation and documentation study were used to collect data. The data analysis technique used is data reduction, presentation and verification to sort data and draw research conclusions This research focuses on the use of Tik-Tok, the impact, and the efforts made by teachers and parents so far to instill polite behavior. Based on the results that have been obtained, the use of social media Tik-Tok in sixth grade elementary school students is used to seek entertainment and upload creativity results. The content that students like also varies, including content about video editing, K-POP, dancing, cooking, memes, news, Islam, anime and cats. The impact of playing Tik-Tok on children's manners is that children become more indifferent to their surroundings if they are already busy opening the Tik-Tok application. In addition, if children have opened Tik-Tok, they will spend hours accessing the content in this application. Therefore, supervision and guidance from parents and teachers are needed so that children are not addicted to social media. To build the character of good manners, teachers and parents have tried to instill good character in children. The efforts they make include providing advice, example, habituation and also giving punishment if the child behaves badly and rewards if the child behaves well .
Keywords: Tik-Tok, Polite Behavior, Content.