The Development of Pictorial Story Media on Fractions to Train Students’ Creative Thinking Skills of Grade 2 students
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan media cerita bergambar materi pecahan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas II. Penelitian ini dilakukan karena kurang tersedianya media pembelajaran yang digunakan pada kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya materi pecahan, sumber belajar hanya menggunakan buku guru dan buku siswa, guru hanya memfokuskan pada hasil belajar tanpa memperhatikan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media cerita bergambar yang layak dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas II setelah mereka mengikuti pembelajaran yang menggunakan media cerita bergambar materi pecahan. Penelitian pengembangan ini mengikuti modifikasi model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek penelitian pada tahap pengembangan terdiri atas 20 siswa dan tahap implementasi terdiri atas 27 siswa kelas II.
Penelitian ini menghasilkan media cerita bergambar yang layak yaitu memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada tahap pengembangan mengalami kemajuan sebesar 80% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%, sedangkan pada tahap implementasi kemampuan berpikir kreatif mengalami kemajuan sebesar 85% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Dengan demikian, media cerita bergambar ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran materi pecahan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa.