Wiwik Istiwianah, 2019. Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran Seni Budaya Lokal Tari Si’ar Di Kabupaten Gresik Untuk Sekolah Menengah Atas. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Haris Supratno dan (2) Dr. Anik Juwariyah, M. Si.
Kata Kunci : Pengembangan, Buku Suplemen Pembelajaran, Seni Budaya Lokal Gresik, Tari Si’ar
Penelitian ini untuk menghasilkan pengembangan buku suplemen seni tari lokal tari Si’ar pada pembelajaran Seni Budaya di Kabupaten Gresik untuk Sekolah Menengah Atas yang sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, silabus sesuai dengan kurikulum 2013. Model yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Proses pengembangan buku suplemen pembelajaran Seni Budaya lokal tari Si’ar di Kabupaten Gresik untuk Sekolah Menengah Atas. (2) Kualitas buku suplemen pembelajaran Seni Budaya lokal tari Si’ar di Kabupaten Gresik untuk Sekolah Menengah Atas. (3) Keefektivan buku suplemen pembalajaran Seni Budaya lokal tari Si’ar di Kabupaten Gresik.
Proses pengembangan buku suplemen pembelajaran Seni Budaya lokal tari Si’ar di Kabupaten Gresik untuk Sekolah Menengah Atas dilakukan oleh tiga validator yang meliputi empat validasi yaitu aspek kelayakan materi, aspek kelayakan bahasa, aspek kelayaan penyajian, dan aspek kelayakan kegrafikaan. Kriteria prosentase yang digunakan berupa skala nilai 5 (Sangat Baik), 4 (Baik), 3 (Cukup Baik), 2 (Kurang Baik, dan 1 (Tidak Baik).
Kualitas buku suplemen pembelajaran Seni Budaya lokal tari Si’ar di Kabupaten Gresik untuk Sekolah Menengah Atas melalui hasil persentase oleh validator ahli materi, penyajian, bahasa dan kegrafikaan dan dapat dikatakan Baik dan Sangat Baik yang dapat dilihat melalui angket yang diberikan pada peneliti dengan kategori layak digunakan di lapangan tanpa ada revisi.
Kemudian pada segi keefektifan buku suplemen pembelajaran Seni Budaya lokal tari Si’ar di Kabupaten Gresik untuk sekolah menengah atas dengan menggunakan angket untuk mendapatkan kriteria pada buku tersebut. Uji coba dilakukan pada siswa dikelas dengan tiga tahapan antara lain: (1) Dengan jumlah 13 siswa, (2) Dengan 25 siswa, (3) Pada 5 guru Seni Budaya khususnya seni tari di beberapa sekolah negeri di Kabupaten Gresik dan memperoleh hasil sangat baik dengan kategori penilaian sangat berguna, layak, menarik, dan mudah dipahami.
Hasil penelitian pengembangan buku suplemen pembelajaran Seni Budaya lokal tari Si’ar di Kabupaten Gresik untuk Sekolah Menengah Atas menunjukkan bahwa buku tersebut layak digunakan di dalam kegiatan pembelajaran, mudah dipahami oleh pendidik dan peserta didik serta dapat meningkatkan kecintaan terhadap kesenian lokal Kabupaten Gresik khususnya seni tari.
Wiwik Istiwianah, 2019. Development of Supplementary Books for the Study of Local Art and Culture of Si'ar Dance in Gresik Regency for High Schools. Thesis, Cultural Arts Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors (1) Prof. Dr. H. Haris Supratno and (2) Dr. Anik Juwariyah, M. Si.
Keywords: Development, Learning Supplement Books, Gresik Local Art and Culture, Si'ar Dance
This research is to produce the development of a local dance supplement book on Si'ar dance in the study of Culture and Arts in Gresik Regency for High Schools which are in accordance with core competencies and basic competencies, syllabus in accordance with the 2013 curriculum. The model used is a 4D model consisting of 4 phase namely the stage of defining (defining), design (design), development (develop) and dissemination (disseminate). The results of the study are as follows: (1) The process of developing a supplementary book on the learning of the local arts and culture of Si'ar dance in Gresik Regency for High Schools. (2) The quality of supplementary books on the learning of local arts and culture of Si'ar dance in Gresik Regency for High Schools. (3) Effectiveness of supplementary books on local arts and culture learning at Si’ar dance in Gresik Regency.
The process of developing a supplementary book on the learning of local arts and culture of Si'ar dance in Gresik Regency for Senior High Schools is carried out by three validators which include four validations, namely aspects of material eligibility, aspects of language eligibility, aspects of presentation worthiness, and aspects of graphic feasibility. The percentage criteria used are in the form of a scale of 5 (Very Good), 4 (Good), 3 (Good Enough), 2 (Not Good, and 1 (Not Good).
The quality of supplementary books on the learning of local culture and art of Si'ar dance in Gresik Regency for High Schools through percentage results by material, presentation, language and graphic expert validators and can be said to be Good and Very Good which can be seen through a questionnaire given to researchers in the proper category used in the field without any revisions.
Then in terms of the effectiveness of supplementary books on the learning of local art and culture of Si'ar dance in Gresik Regency for senior high schools by using a questionnaire to obtain criteria for the book. The trial was conducted on students in class with three stages including: (1) With a total of 13 students, (2) With 25 students, (3) In 5 Arts and Culture teachers especially in dance in several state schools in Gresik Regency and obtained very good results the assessment category is very useful, feasible, interesting, and easy to understand.
The results of research on the development of supplementary books on the learning of local arts and culture of Si'ar dance in Gresik Regency for High Schools indicate that the book is suitable for use in learning activities, easily understood by educators and students and can increase love for local arts in Gresik Regency especially dance .