Digital payment merupakan teknologi yang memberikan pandangan baru bagi masyarakat tentang pembayarang non – tunai yang jauh lebih praktis, efisien dan aman dalam setiap bertransaksi. Sebagian orang mengenal digital payment sebagai dompet digital atau uang ponsel yang bisa digunakan membayar berbagai transaksi yang telah tersedia. Salah satu aplikasi yang mendukung adanya teknologi ini adalah OVO. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Task Technology Fit dan dikombinasikan dengan salah satu variabel dari Technology Acceptance Model (TAM) yaitu perceived usefulness.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesesuaian tugas teknologi digital payment terhadap masyarakat umum yang menggunakan aplikasi OVO. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner secara offline dan online sebanyak ±551 responden. Responden tersebut terdiri dari masyarakat umum yang menggunakan aplikasi OVO. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SMARTPLS. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ada tujuh hipotesis yang terbukti beperngaruh positif dan signifikan pada semua responden pengguna OVO.
Kata Kunci : Digital Payment, Task Technology Fit, Perceived Usefulness.
Digital payment is a technology that provides a new perspective for people about non-cash payments that are far more practical, efficient and safe in every transaction. Some people know digital payment as a digital wallet or cellphone that can be used to pay for various available transactions. One application that supports this technology is OVO. The model used in this study is Task Technology Fit and combined with one of the variables from the Technology Acceptance Model (TAM), which is perceived usefulness.
The purpose of this study was to determine the level of suitability of the digital payment technology task towards the general public using OVO applications. Data collection techniques by distributing questionnaires offline and online as much as ± 551 respondents. The respondents consisted of the general public who used the OVO application. The data analysis technique used in this study used the PLS-SEM method with the help of SMARTPLS software. The results of this study state that there are seven hypotheses that have a positive and significant effect on all OVO users.
Keywords: Digital Payment, Task Technology Fit, Perceived Usefulness.