Perancangan Maskot Untuk Mendukung Identitas Visual Objek Wisata Air Merambat Roro Kuning Bajulan Nganjuk
Mascot Design to Support Visual Identity of Water Tourism Objects Merambat Roro Kuning Bajulan Nganjuk
Abstrak
Air Merambat Roro Kuning di Desa Bajulan Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu wisata alam yang cukup dikenal oleh masyarakat Nganjuk dan sekitarnya. Saat awal dibuka pada tahun 2006 lebih dari 100 pengunjung yang datang ke lokasi ini setiap harinya tetapi jumlah pengunjung mengalami penurunan pada 3 tahun terakhir. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, termasuk perbaikan infrastruktur dan promosi, namun hal tersebut belum tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah merancang ide, konsep, proses dan hasil perancangan maskot. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ide, konsep, proses dan hasil perancangan maskot objek wisata Air Merambat Roro Kuning untuk menyampaikan informasi yang menarik bagi masyarakat luas. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk proses perancangan maskot ini menggunakan metode Design Thinking menurut Kelley dan Brown. Hasil dari perancangan ini berupa Maskot 2D dari sosok Dewi Roro Kuning sebagai media pendukung dalam promosi diposting dalam Instagram, dan juga diaplikasikan pada media banner, poster, serta brosur.
Kata Kunci: Air Merambat Roro Kuning, Maskot, Design Thinking, Perancangan
Abstract
Air Merambat Roro Kunis in the Bajulan Village Kabupaten Nganjuk is one of the natural tourist attraction that quiet famous among the people around of Nganjuk area. When it first opened in 2006, more it got than 100 visitor daily, but in the last 3 years the visitor count decreased. A lot of effort have been done to increase visitor count, like infrastructure repairement and promotion, but that has’nt socialized enoughto the public. Formulation of the problem in this research is to design idea, concept, procces and result of mascot design. The purpose of this research is to describe idea, concept, procces and result of mascot design of tourist attraction Air Merambat Roro Kuning to deliver it as interesting information to the masses. The research method used in this research is qualitative method. Meanwhile for the procces designing this mascot, Kelley and Brown’s Design Thinking Method is used. The result of this research is a 2D Mascot based on Dewi Roro Kuning as a supporting media that will be use as promotion posted on Instafram, and to be apply in a other media such as banner, poster, and a brochure.
Key Words: Air Merambar Roro Kuning, Mascot, Desgin Thinking, Design