PEMAHAMAN SISWA SMP TERHADAP KONSEP PEMBAGIAN PECAHAN BERDASAR TUGAS PENGAJUAN SOAL ANALOGIS
JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF FRACTIONAL DIVISION BASED ON ANALOGIST SUBMISSION ASSIGNMENTS
Seseorang dikatakan paham konsep bila mampu mengenali konsep tersebut di setiap konteks. Salah satu cara untuk mengeksplorasi pemahaman konsep yaitu dengan pengajuan soal analogis. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa terhadap konsep pembagian pecahan berdasar tugas pengajuan soal analogis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek tiga siswa SMP kelas VIII. Pemilihan Subjek dilakukan dengan metode variasi maksimal ditentukan berdasarkan ketepatan pengajuan soal. Instrumen penelitian ini adalah wawancara berbasis tes pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan tiga komponen pemahaman konsep yaitu penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep pembagian pecahan siswa SMP dalam tugas pengajuan soal analogis, yaitu pada komponen penerjemahan hanya satu subjek yang mampu menjelaskan konsep pembagian pecahan yang digunakan dalam tugas pengajuan soal. Pada komponen penafsiran semua subjek mampu menyebutkan konsep matematika yang terdapat pada soal, namun tidak ada subjek yang mampu memahami hubungan antara perintah soal dengan jawaban pada contoh soal. Keterkaitan antara perintah soal dengan jawaban contoh soal dapat digunakan dalam penggunaan konsep pada tugas pengajuan soal, tetapi tidak ada subjek yang mampu memahami keterkaitan tersebut karena subjek tidak memiliki pemahaman yang memadai pada materi prasyarat. Pada komponen ekstrapolasi terdapat satu subjek yang mampu mengajukan soal sesuai dengan konteks dan konsep pembagian pecahan, namun satu subjek lainnya mengalami kesalahan pada salah satu tugas pengajuan soal karena tugas pengajuan soal yang dikerjakan tidak sesuai konsep pecahan. Terdapat satu subjek yang tidak memenuhi ketiga komponen pemahaman, hal tersebut karena subjek hanya menulis ulang jawaban contoh soal ke dalam tugas pengajuan soal. Oleh karena itu penting bagi guru untuk melatih kemampuan menggunakan analogi agar pemahaman konsep siswa semakin mendalam mengenai materi yang sedang diajarkan, memberikan tugas pengajuan soal analogi juga membantu guru mengetahui pemahaman siswa pada materi yang sedang diajarkan dan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Pengajuan Soal Analogis, Pembagian Pecahan.
A person is said to understand the concept when able to recognize the concept in every context. One way to explore understanding concepts is by filing analogical questions. Based on this, this research was conducted to find out how students understand the concept of fractional division based on the task of filing analogical questions. This research is a qualitative descriptive research with the subjects of three junior high school students in grade VIII. Subject selection is done by maximum variation method determined based on the accuracy of the question submission. This research instrument is an interview-based concept comprehension test. The data were analyzed using three components of concept understanding, namely translation, interpretation, and extrapolation. The results showed that understanding the concept of fractional division of junior high school students in the task of filing analogical questions, namely in the translation component only one subject is able to explain the concept of fraction division used in the task of filing the question. In the interpretation component all subjects are able to mention the mathematical concepts contained in the problem, but no subject is able to understand the relationship between the command of the question and the answer to the sample problem. The linkage between the question command and the answer to the sample question can be used in the use of concepts on the task of submitting the question, but no subject is able to understand the association because the subject does not have an adequate understanding of the prerequisite material. In the extrapolation component there is one subject that is able to ask questions in accordance with the context and concept of fractional division, but one other subject has an error in one of the task submissions because the task of submitting the problem is not in accordance with the concept of fractions. There is one subject that does not meet all three components of understanding, which is because the subject simply rewrites the answer to the sample question into the task of filing the question. Therefore it is important for teachers to practice the ability to use analogies so that the students' concept understanding is more in-depth about the material being taught, giving the task of submitting analogy questions also helps the teacher know the students' understanding of the material being taught and the material that has been taught before.
Keywords: Conceptual Understanding, Analogist Problem Submission, Fractional Division.