ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUMEN MUSIK BARANG BEKAS PADA PEMBELAJARAN ANSAMBEL SISWA KELAS VIII
DI SMP NEGERI 2 MENGANTI
Nama : Djadmiko Hermanu
NIM : 15020134003
Jurusan : Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Peni Puspito, M. Hum
Tahun : 2019
Kata Kunci: Pengembangan media, Barang bekas, Pembelajaran, Ansambel musik.
Pengembangan media adalah pembuatan menjadikan bertambah, berubah sempurna pemikiran, pengetahuan dan sebagainya. Pengembangan media sangat diperlukan bagi guru khususnya (musik) untuk kemudahan proses belajar mengajar supaya materi yang diajarkan dapat tersalurkan dengan sedikit kreatif dan inovatif dalam penyampaian mudah kepada peserta didik. Tentunya juga mengedepankan aspek kelestarian terhadap lingkungan dengan mempertimbangkan potensi dan kekurangan yang dimiliki sekolah. Dalam pengembangan media ini disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum nasional/kurikulum 2013. Hal ini yang melatar belakangi disusunnya penelitian pengembangan dengan judul “Pengembangan Media Barang Bekas Pada Pembelajaran Ansambel Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Menganti”. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana proses pengembangan dan kualitas media barang bekas pada pembelajaran ansambel kelas VIII di SMP Negeri 2 Menganti dan untuk mengetahui bagaimana kualitas media yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pengembangan media dari barang bekas pada pembelajaran ansambel musik dan mengetahui kualitas media.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Menggunakan metode pengembangan penelitian “Borg & Gall” dengan menyesuaikan tahapan yang dilaksanakan. Dengan membatasi langkah-langkah disesuaikan jenjang dan cakupan kebutuhan yang ingin dicapai. Sumber data yang dipergunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pengembangan serta untuk mengukur kualitas media diperoleh dari validasi ahli dan uji coba dari media terhadap guru dan peserta didik.
Pelaksanaan pengembangan ini terfokus kepada pengembangan media BaBeDiSik (barang bekas jadi musik) untuk mata pelajaran Seni Budaya ansambel musik di kelas VIII F yang secara garis besar berjalan dengan tahapan-tahapan, meliputi: 1) tahap pengumpulan informasi; 2) tahap perencanaan; 3) tahap pengembangan produk; 4) tahap validasi; 5) revisi; 6) ujicoba. Keenam tahapan ini digunakan untuk mengetahui proses dan mengukur kualitas media BaBeDiSik (barang bekas jadi musik).
Dari pernyaataan hasil dari lembar validasi kedua jumlah skor nilai yang dihasilkan bertambah menjadi sebesar 10.36 dari total 36 pertanyaan yang terjawab. Dengan rumus yang digunakan untuk menghitung adalah dengan membagi jumlah skor dengan banyaknya jumlah subjek pernyataan yang terjawab maka diperoleh skor sebesar 3.45 (Baik). Hasil dari pengembangan media ini termasuk kategori baik dengan perolehan nilai alternatif B. Dan pengembangan ini dapat disimpulkan berhasil dengan hasil yang baik dan sesuai dengan kriteria yang ingin dicapai.
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF USED MUSIC INSTRUMENT MEDIA IN LEARNING STUDENTS OF CLASS VIII STUDENTS
IN STATE 2ND MIDDLE SCHOOL
Name : Djadmiko Hermanu
Course : Sendratasik
Faculty : Culture and Langueage
Instution Name : Surabaya State University
Supervisor : Drs. Peni Puspito, M. Hum
Year : 2019
Key Word: Media development, used goods, learning, music ensemble.
Media development is increasing in making, changing of perfect thinking, knowledge, and others. Media development is essential for teachers, especially (music) to facilitate the learning process so that the material taught can be channeled with a little creative and innovative in secure delivery to students. Of course, it also emphasizes the environmental aspects of sustainability by considering the potential and disadvantages of the school. In the development of this media, it is adjusting to the curriculum used, namely the national curriculum/curriculum 2013. This is the background of the development research development with the title "Development of Second Hand Media in Learning of Students of Class VIII Ensembles in-state junior high school 2 Menganti". The formulation of the problem in this paper is how the process of developing and quality of used goods media in class VIII ensemble to learn in-state junior high school 2 Menganti and to find out how the variety of media was being developed. This study aims to describe how the development of media from used goods in learning music ensembles and knowing the quality of the press.
This research uses descriptive qualitative and quantitative research types. Using the research development method "Borg & Gall" by adjusting the stages carried out. By limiting the steps improved levels and scope of needs to be achieved. Sources of data used to measure the level of development success as well as to measure the quality of the media are obtained from expert validation and trials from the press against teachers and students.
The implementation of this development focused on the development of BaBeDiSik media (used goods to become music) for the subject of Culture and Art of music ensembles in class VIII F, which in general runs with stages, including 1) information gathering stage; 2) the planning stage; 3) product development stage; 4) validation stage; 5) revision; 6) trial. These six stages used to find out the process and measure the quality of BaBeDiSik media (used goods become music).
From the statement of the results of the second validation sheet, the total score produced increased to 10.36 from a total of 36 questions answered. With the formula used to calculate is to divide the number of scores by the number of subjects, the statement responded to obtain a score of 3.45 (Good). The results of this media development included in both categories with the acquisition of alternative value B. And this development can conclude successful with excellent results and following the criteria to achieve.