"Persepsi Mahasiswa Pasca Sarjana Bahasa Asing Terhadap Plagiasi"
“EFL Post Graduate Students’ Perception of Plagiarism on Public University of Surabaya”.
ABSTRAK
Susi, P. 2022. “EFL Post Graduate Students’ Perception of Plagiarism on Public University of Surabaya”. Thesis, Language and Literature Education Study Program, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (1) Pratiwi Retnaningdyah, Ph.D. (2) Dr. Tengsoe Tjahjono, M.Pd.
Kata Kunci: Ketidak jujuran akademik, persepsi siswa, plagiasi, tambal sulam tulisan, mahasiswa pasca sarjana bahasa asing.
Istilah plagiasi adalah suatu aktifitas yang mempratikan atau mengambil ide atau pekerjaan orang lain, dan mengakui sebagai miliknya sendiri. Semenjak berkembangan teknologi yang baru, istilah plagiasi berubah menjadi masalah yang serius. Karena praktik plagiasi menjadi lebih mudah. Tidak hanya internet. Tetapi ada beberapa factor lain yang menyebabkan plagisi seperti faktor individu, faktor akademik, fakto budaya dan faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) Apa persepsi mahasiswa pasca sarjana bahasa asing terhadap plagiasi? (2) Tipe plagiasi mana yang dilakukan oleh mahasiswa pasca sarjana bahasa asing? (3) Faktor apa yang menyebabkan mahasiswa pasca sarjana bahasa asing melakukan plagiasi?. Subjek penelitian ini adalah tiga belas mahasiswa pasca sarjana di salah satu perguruan tinggi di Surabaya, Indonesia.
Temuan dari penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Mahasiswa pasca sarjana bahasa asing menganggap bahwa plagiasi adalah suatu aktifitas negative yang mungkin dilakukan oleh siswa. (2) Dari analisis tulisan tambal sulam siswa, dapat dilihat bahwa tipe plagiasi yang dilakukan oleh mahasiswa pasca sarnaja adalah copy-paste, memparafrase, dan lupa menyebutkan sumber. (3) Dalam opini mahasiswa pasca sarnaja, ada beberapa faktor yang menyebabkan plagiasi, seperti halnya faktor individu, faktor akademik, faktor karakteristik pribadi, faktor budaya, faktor teknologi dan faktor kurikulum. Penemuan dari penelitian ini, berkontribusi pada akademik tentang plagiasi. Dengan mengetahui persepsi dan faktor yang menyebabkan plagiasi, itu diharapkan dapat mengurangi praktik plagiasi.
Keywords: Academic dishonesty, Students’ perception, Plagiarism, Patchwriting, EFL postgraduate students.
The term of plagiarism is any activity that practicing or taking people’s else ideas or works then confess as one’s own. During the new technology, the terms of plagiarism turns to a serious problem. It is because the internet makes the practice of plagiarism easier. Not only internet, the plagiarism is also caused by other factors, like individual factor, academical factor, cultural factor, and any other factors. Therefore, this research aims to identify: (1) what are EFL post graduate students’ perceptions of plagiarism? (2) What types of plagiarism are found in EFL students’ writing paper? (3) What factors contribute to the plagiarism among the EFL postgraduate students? The subject of this study was thirteen EFL post graduate students in one of the university in Surabaya. Indonesia. This study used a qualitative interview and analysis approached to identification the students’ perception of plagiarism, the types of plagiarism conducted by the students and the factor that causing the plagiarism.
The finding revealed that (1) The EFL post graduate students’ regarded that the plagiarism is as a negative thing that may be conducted by the students. (2) From the students’ patchwriting analysis, it can be seen that the types of plagiarism that has been conducted by the EFL post graduate students are copy-paste, changing words (paraphrasing), and forgotten resources. (3) In EFL post graduate students’ opinion, there are some factors that causing the plagiarism, it is such as individual factor, academical factor, personal characteristic factor, cultural factor, technological factor, and curriculum demand factor. The finding of this study contributes to the academia, especially in the field of the plagiarism. By knowing the students’ perception and the factors that contributes to the plagiarism, it is expected to be able to decrease the practice of plagiarism.