Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan karir ditinjau dari jenis kelamin dan jurusan pada siswa SMA dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Aspek-aspek kematangan karir meliputi dua dimensi yang saling berkaitan yaitu dimensi afektif dan dimensi kognitif (Crities, 2001). Subjek penelitian ini berjumlah 108 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap dan skala kompetensi. Teknik analisa yang digunakan adalah Teknik anava dua jalur. Berdasarkan hasil analisa yangi dilakukani dengani menggunakani ujii anavai diperolehi hasili nilaii signifikansi 0.000 (<0.05) untuk kematangan karir dengan jurusan dan nilai signifikansi 0.001 (<0.05) untuk perbedaan kematangan karir dengan jenis kelamin yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kematangan karir di tinjaui dari jenis kelamin dan Jurusan.
Kata Kunci: Sikap, Kompetensi, Siswa, Kematangan Karir, Jenis Kelamin, Jurusan
This study aims to determine the differences in career maturity in terms of gender and majors in high school students using quantitative research methods. Aspects of career maturity include two interrelated dimensions, namely the affective and cognitive dimensions. The subject of this study amounted to 108 students. The instrument used in this study is the attitude scale and competency scale. The analysis technique used is the two-way anava technique. Based on the results of the analysis Based on the results of the test conducted by using anavai test, the results of 0.000i significance value (<0.05) for career maturity with majors and a significance value of 0.001 (<0.05) for career maturity differences with gender means that there are significant differences in career maturity in the review of the gender and department..
Keywords: Attitudes, Competencies, Students, Career Maturity, Gender, Department