Keefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XII-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek
The Effectiveness of Online Learning in Geography Subjects in Class XII-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek
Abstrak
Pendidikan berperan dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan masa depan. Dunia sedang dihadapkan dengan tantangan Covid-19. Kondisi ini dihadapi seluruh pembelajaran di Indonesia termasuk di Kabupaten Trenggalek beralih menggunakan sistem pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran efektifitas pembelajaran daring serta faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan e-learning moodle pada mata pelajaran geografi di kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek berjumlah 35 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring mata pelajaran geografi adalah efektif dengan persentase 74,67%, dimana pembelajaran daring berhasil mencapai tujuan belajar peserta didik sebagaimana yang diharapkan guru. Efektifitas pembelajaran daring dilihat dari proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berupa ulangan harian. Proses pembelajaran merujuk pada kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran. Hambatan peserta didik dalam pembelajaran daring mata pelajaran geografi adalah pada diri peserta didik berkaitan dengan kesehatan jasmani. Hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran daring adalah perbedaan sudut pandang antara guru dan peserta didik dalam mengartikan banyaknya tugas yang diberikan. Hambatan pembelajaran daring dapat diatasi dengan mendesain ulang pembelajaran menggunakan cara-cara yang berbeda sehingga peserta didik dapat memahami materi dari pembelajaran daring.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Geografi, E-learning moodle, Efektifitas, Faktor Penghambat.
AbstractEducation plays a role in human life to improve the quality of human resources in facing future challenges. The world is facing the challenge of Covid-19. This condition is faced by all learning in Indonesia, including in Trenggalek Regency, switching to using an online learning system. The purpose of this study was to describe the effectiveness of online learning and the inhibiting factors for implementing online learning using e-learning Moodle on geography subjects in class XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek.This study uses quantitative research methods. The research sample was all students of class XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Trenggalek totaling 35 students who were determined using purposive sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and observation sheets. The data analysis technique uses descriptive analysis techniques.The results showed that online learning for geography subjects was effective with a percentage of 74.67%, where online learning succeeded in achieving student learning goals as expected by the teacher. The effectiveness of online learning is seen from the learning process and learning evaluation in the form of daily tests. The learning process refers to the teacher's ability to manage learning, student activities during learning, and student responses to learning activities. Barriers to students in online learning geography subjects are on the students themselves related to physical health. The obstacle experienced by teachers in online learning is the difference in point of view between teachers and students in interpreting the number of tasks given. Barriers to online learning can be overcome by redesigning learning using different ways so that students can understand the material from online learning.Keywords: Online Learning, Geography Learning, E-learning moodle, Effectiveness, Inhibiting Factors.