Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Quizmaker untuk Peserta Didik SD Kelas III Materi Satuan Baku
Development of Learning Evaluation Based on ICT Quizmaker for Elementary School Students Grade III Standart Unit Material
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan proses validasi pada
media evaluasi pembelajaran berbasis ICT Quizmaker. Produk yang dihasilkan dalam penelitian
ini adalah media evaluasi pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication
Technologies) menggunakan Quizmaker untuk peserta didik SD kelas III materi satuan baku.
Penentuan produk ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul pada peserta didik dan
pendidik kelas III saat melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran melalui cara konvensional
dengan mengandalkan kertas dan kurang efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and
Development) dengan model pengembangan ADDIE. Mendapatkan hasil presentase validasi dari
para dosen ahli materi sebesar 79% (Cukup Valid), hasil validasi media sebesar 96% (Sangat
Valid), dan hasil penerapan quizmaker pada peserta didik sebesar 98,3% (Sangat Praktis). Dapat
disimpulkan bahwa media evaluasi pembelajaran berbasis ICT menggunakan quizmaker sangat
valid dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci: Quizmaker, evaluasi, pengembangan, satuan baku
The purpose of this research is to describe the development process and validation process of
learning evaluation based on ICT with Quizmaker. The product in this research is media of
evaluation of the ICT (Information and Communication Technologies) using Quizmaker for class
III on standard unit material. Definition if this product was motivated by the problems that arose
in grade III of students and teacher when evaluation activities using conventional methods that
rely on paper was less effective. The type of this research is R&D (Research and Development)
with development model of ADDIE. The percentage result obtained from material expert
validator is 79% (Good Valid), the percentage result obtained from the media is 96% (Verry
Valid), and the percentage result of implementation quizmaker to students is 98,3% (Verry
Practice). It can be concluded the media of evaluation learning based ICT using quizmaker is
very valid an very practice to use..
Keywords: Quizmaker, evaluation, develompent, standart unit