STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PEMBAYARAN SURAT IZIN MENGEMUDI MELALUI PROGRAM CASHLESS PAYMENT SYSTEM (CPS) DI KANTOR SATLANTAS POLRES GRESIK
STRATEGY FOR IMPROVING SERVICE OF DRIVING LICENSE PAYMENT LETTER THROUGH THE CASHLESS PAYMENT SYSTEM (CPS) PROGRAM IN SATLANTAS OFFICE OF POLRES GRESIK
ABSTRAK
Penerapan teknologi, informasi, dan komunikasi telah berkembang luas dimana tak hanya ada pada sektor industri dan perdagangan saja, melainkan juga di sektor lainnya seperti pertahan, keamanan, maupun pelayanan publik. Disisi lain pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik sepatutnya bertanggung jawab untuk terus berusaha melayani secara maksimal untuk meningkatnya kualitas pelayanan publik. Dilihat dari kondisi tersebut Polres Gresik telah melalukan perbaikan pelayanan dengan menciptakan inovasi yang dilakukan seperti menciptakan program yang bernama Cashless Payment Sytem (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan mendeskripsikan mengenai strategi peningkatan pelayanan pembayaran SIM melalui Program Cashless payment System (CPS) di kantor Satlantas Polres Gresik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitiannya menggunakan teori dari Kevin P. Kearns (dalam Islamy, 2002) ada 4 jenis strategi yang dapat diterapkan untuk menyusun strategi supaya dapat memberikan peningkatan pelayanan pada masyarakat yakni: Growth Strategies (Strategi Pertumbuhan), Retrenchment Strategies (Strategi Meningkatkan Efisiensi), Stability Strategies (Strategi Stabilisasi), dan Collaborative Strategies (Strategi Kolaborasi). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Satlantas Polres Gresik melalui program CPS telah melaksanakan serangkaian strategi dengan semaksimal mungkin guna memberikan pelayanan yang efektif efisien dan akuntabel. Growth Strategies, program CPS adalah program yang bersifat pengembangan dari pelayanan yang sudah ada meskipun tidak menambahkan suatu pelayanan yang tidak sejenis. Retrenchment Strategies, melalui program CPS, Satlantas Polres Gresik telah merevitalisasi pelayanan pembayaran SIM menjadi lebih modern dan lebih mengarah ke digitalisasi pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat, Stability Strategies, Satlantas Polres Gresik telah melakukan pelaksanaan sesuai dengan maklumat dan tetap berusaha meminimalisir pandangan masyarakat terkait syarat pungli pada pelayanan pembayaran perpanjangan SIM melaui CPS. Collaborative Strategies, Satlantas Polres Gresik telah bekerja sama dengan Telkomsel, Gojek, dan Bank BRI dimana memiliki satu visi yang sama untuk mewujudkan program CPS melalui penandatanganan nota kesepemahaman.
Kata kunci : Pelayanan Publik, Strategi, CPS (Cahsless Payment System)
ABSTRACT
The application of technology, information, and communication has developed widely where not only exists in the industrial and trade sectors, but also in other sectors such as defense, security, and public services. On the other hand the government as the organizer of public services should be responsible for continuing to try to serve optimally to improve the quality of public services. Judging from this condition, the Gresik Regional Police had improved service by creating innovations such as creating a program called Cashless Payment System (CPS). This study aims to provide information and describe strategies to improve SIM payment services through the Cashless payment System (CPS) program at the Gresik Police Traffic Unit office.
This type of research used in this research is descriptive research with a qualitative approach. While the focus of his research uses the theory of Kevin P. Kearns (in Islamy, 2002) there are 4 types of strategies that can be applied to develop strategies in order to provide improved services to the community, namely: Growth Strategies, Retrenchment Strategies, Stability Strategies and Collaborative Strategies. Data analysis techniques in this study used data analysis, data reduction, data presentation and drawing conclusions through interviews, observation and documentation.
The results of this study indicate that the Gresik Regional Police Traffic Unit through the CPS program has implemented a series of strategies to the maximum extent possible to provide effective and efficient services. Growth Strategies, CPS programs are programs that are the development of existing services even though they do not add a service that is not the same. Retrenchment Strategies, through the CPS program, the Satlantas Polres Gresik has revitalized SIM payment services to become more modern and more directed to digitizing services and meeting the needs of the community, Stability Strategies, the Satlantas Polres Gresik have carried out in accordance with the information and continue to try to minimize public views regarding extortion requirements the SIM extension payment services through CPS. Collaborative Strategies, Satlantas Poles Gresik have collaborated with Telkomsel, Gojek, and Bank BRI which have a common vision to realize the CPS program through the signing of a memorandum of understanding.
Keywords: Public Service, Strategy, CPS (Cahsless Payment System)