ABSTRAK
Utami , Dessy Cahayaning Margi . 201 9 . Pengaruh Metode
Permainan SUMASI pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terhadap
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Jepara I/90 Surabaya . Tesis ,
Progra m Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya . Pembimbing (1) Prof. Dr. Maria
Veronika Roesminingsih, M.Pd. , dan (2) Dr. Ari Wahyudi, M.Si .
Kata -kata Kunci : Metode Permainan SUMASI, Aktivitas, Hasil Belajar
Pembelajaran adalah sebuah proses untuk menciptakan
kondisi atau situasi yang kondusif, agar terjadi interaksi dalam proses
pembelajaran antara guru, siswa, dan komponen pembelajaran lainnya untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Dalam proses pembelajaran terdapat banyak
metode pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengaktifkan siswa, maupun dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya yaitu dengan
menggunakan metode permainan SUMASI .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode permainan SUMASI
terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penggunaan metode permainan SUMASI . Sampel penelitian ini yaitu siswa
kelas IVD SDN Jepara I/90 Surabaya yang berjumlah 41 anak. Penelitian ini
berfokus pada mata pelajaran IPS dengan materi keragaman suku bangsa dan agama
dinegeriku kelas IVD semester II tahun ajaran 2018-2019.
Jenis penelitian ini yaitu Pre-eksperimental
design , dengan pendekatan kuantitatif,
dan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Postest Design.
Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar
observasi aktivitas belajar, dan lembar tes hasil belajar siswa. Adapun untuk
teknik analisis data menggunakan analisis statistik persentase dan uji t-test .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan dari metode permainan SUMASI pada materi keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku
terhadap aktivitas siswa kelas IV SDN Jepara I/90 Surabaya yang ditunjukkan
dengan perolehan nilai
signifikansi untuk hasil persentase pretest
aktivitas siswa dengan rata-rata yaitu sebesar 6,15%, sedangkan nilai
signifikansi untuk hasil persentase posttest
aktivitas siswa dengan rata-rata yaitu sebesar 10,125%. Sedangkan untuk
hasil belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode
permainan SUMASI pada materi
keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku yang ditunjukkan dengan Thitung 12,584 (df 39) > Ttabel
2,02269 (df 39) dan nilai sig. (2-failed) 0,000 < 0,005 . Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima, ada perbedaan
hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan. Jadi, penggunaan
metode permainan SUMASI dalam proses pembelajaran IPS mempunyai pengaruh yang positif terhadap
aktivitas dan hasil belajar siswa
secara klasikal.