ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR
KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED
INQUIRY PADA MATERI PERTUMBUHAN
DAN PERKEMBANGAN UNTUK MELATIHKAN
KETERAMPILAN
ARGUMENTASI
Nama : Erlisa Mulyasari
NIM : 16030204022
Program
Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Jurusan : Biologi
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : 1. Dr. Yuliani, M.Si.
2. Sari KusumaDewi, S.Si., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan
LKPD berbasis guided inquiry untuk melatihkan keterampilan berargumentasi peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas
XII SMA yang layak berdasarkan validitas,
kepraktisan, dan keefektifan.
LKPD yang dikembangkan menggunakan desain penelitian
model 4D yakni Define, Design,
Develop dan Dessiminate , namun pada tahap desiminate hanya dilakukan sampai uji efektifitas.
Uji coba terbatas dilakukan pada
20 peserta didik kelas
XII IPA 2 SMA Negeri 1 Waru.
Parameter
dalam penelitian ini meliputi validitas
yang dilihat dari hasil validitas
para ahli, kepraktisan yang dilihat dari aktivitas peserta didik dan respon peserta didik
terhadap LKPD yang dikembangkan serta keefektifan yang dilihat dari hasil tes keterampilan argumentasi . Data
dianalisis dengan lembar validasi untuk menentukan validitas LKPD, lembar
aktivitas peserta didik untuk menentukan kepraktisan LKPD, lembar respon
peserta didik untuk menentukan keefektifan LKPD dan lembar tes keterampilan
argumentasi untuk menilai keefektifan LKPD.
Hasil penelitian menunjukkan validitas
LKPD yang dikembangkan sebesar
3,72 dengan kategori sangat valid.
Kepraktisan LKPD berdasarkan observasi aktivitas peserta didik sebesar 95 % untuk LKPD 1 dan 9 5.71 %
untuk LKPD 2, yang tergolong dalam kategori sangat praktis
dan respon peserta didik mencapai
86,94% dengan kategori positif.
Keefektifan yang dilihat dari hasil keterampilan argumentasi dengan skor
rata-rata 91,46 dengan kategori
sangat baik
Kata
kunci : Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD), Guided Inquiry , keterampilan argumentasi,
pertumbuhan dan perkembangan