Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar secara parsial dan bersamaan terhadap prestasi belajar Fisika peserta didik kelas X di MAN 2 Mojokerto pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, yakni seluruh kelas X MIPA. Untuk variabel bebas pada penelitian ini yaitu motivasi belajar yang akan dikategorikan menjadi motivasi tinggi dan motivasi yang rendah, dan kebiasaan belajar akan dikategorikan menjadi kebiasaan baik dan kebiasaan yang buruk dalam belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis butir soal, uji prasyarat angket yaitu uji Kaiser-Meyer-Olkin dan Bartlett, kemudian uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan uji regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah motivasi belajar yang tinggi memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar dan motivasi tinggi dalam belajar memiliki pengaruh sebesar 37,8% terhadap prestasi belajar, dan motivasi rendah memiliki pengaruh sebesar 5,5% terhadap prestasi belajar. Untuk kebiasaan belajar yang baik memiliki pengaruh sebesar 16,1% terhadap prestasi belajar Fisika sedangkan kebiasaan buruk hanya memiliki 4,9% terhadap prestasi belajar Fisika. Motivasi yang tinggi dan kebiasaan yang baik akan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar Fisika, pengaruh dari kedua variabel yakni sebesar 33,5% terhadap prestasi belajar, sedangkan 66,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar
This research aims to describe the influence of motivation and study habits partially and concurrently on Physics learning achievement of class X students at MAN 2 Mojokerto in the 2018/2019 school year. The type of research used is ex post facto. The sampling technique used is the census, which is the entire class X MIPA. In this study, the independent variables are, learning motivation that will be categorized as high motivation and low motivation, and study habits will be categorized into good habits and bad habits in learning. The data analysis technique in this study included analysis of the items, the questionnaire prerequisite test, namely Kaiser-Meyer-Olkin and Bartlett test, then normality test, linearity test, simple linear regression test, and multiple linear regression test. The results obtained from the study are high learning motivation has a positive relationship to learning achievement and high motivation in learning has an influence of 37.8% on learning achievement, and low motivation has an influence of 5.5% on learning achievement. In addition, for good learning habits have an influence of 16.1% on learning achievement in Physics while bad habits only have 4.9% of learning achievement Physics. High motivation and good habits will have a positive influence on learning achievement in Physics, the influence of both variables is 33.5% of learning achievement, while 66.5% is influenced by other variables.
Keyword: Learning Motivation, Study Habits, Learning Achievement