SOSIOLEK DALAM KANAL YOUTUBE “UUS KAMUKITA” EPISODE BORING BOKIR - UNPAD VS UNPAR
Sociolect in Youtube Channel “Uus Kamukita” Episode Boring Bokir - Unpad Vs Unpar
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis sosiolek dan faktor pengaruh sosiolek yang terdapat dalam kanal YouTube “Uus Kamukita” episode Boring Bokir - Unpad Vs Unpar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sehingga data-data yang disajikan berupa deskripsi untuk mengetahui jenis-jenis sosiolek dan faktor pengaruh sosiolek. Sumber data didapatkan dari kanal YouTube “Uus Kamukita” episode Boring Bokir - Unpad Vs Unpar. Data berupa tuturan yang mengandung jenis sosiolek dan faktor sosiolek. Kemudian data tuturan ditranskripsi untuk memudahkan penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua teknik, yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan ekstralingual dengan teknik lanjutan hubung banding menyamakan (HBS). Temuan penelitian ini adalah 1) ditemukan empat jenis sosiolek, yaitu jargon, slang, vulgar, dan kolokial, dan terdapat 12 jenis jargon: jargon perkuliahan, jargon stand up comedy, jargon kreator konten, jargon pandemi COVID19, jargon minuman keras, jargon olahraga, jargon perjudian, jargon transportasi, jargon mahluk halus, jargon komunitas pencinta alam, jargon pergaulan bebas, dan jargon budaya luar negeri. 2) ditemukan enam faktor pengaruh sosiolek, yaitu faktor jenis kelamin, faktor tingkat pendidikan, faktor tingkat ekonomi, faktor suku, faktor pekerjaan, dan faktor agama.
Kata Kunci: faktor pengaruh sosiolek, jenis sosiolek, sosiolinguistik, Uus Kamukita, Youtube.
The purpose of this study is to describe the types of sociolect and sociolect influence factors contained in the YouTube channel “Uus Kamukita” episode Boring Bokir - Unpad Vs Unpar. This research uses a descriptive qualitative approach so that the data presented in the form of descriptions to determine the types of sociolect and sociolect influence factors. The data source is obtained from the YouTube channel “Uus Kamukita” Boring Bokir episode - Unpad Vs Unpar. The data is in the form of utterances containing sociolect types and sociolect factors. Then the speech data is transcribed to facilitate research. The data collection method of this research uses the listening method. The data collection technique of this research uses two techniques, namely free listening technique and note taking technique. The data analysis method used in this research is the extralingual pairing method with the advanced technique of comparative equating (HBS). The findings of this study are 1) four types of sociolect were found, namely jargon, slang, vulgarity, and colloquialism, and there are 12 types of jargon: lecture jargon, stand up comedy jargon, content creator jargon, COVID-19 pandemic jargon, liquor jargon, sports jargon, gambling jargon, transportation jargon, spirit creature jargon, nature lover community jargon, promiscuity jargon, and foreign culture jargon. 2) Six factors of sociolect influence were found, namely gender factors, education level factors, economic level factors, ethnic factors, occupational factors, and religious factors.
Keywords: sociolect factors, sociolinguistics, types of sociolect, Uus Kamukita, Youtube.