IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI
LENGKUNG MENGGUNAKAN THREE TIER-TEST
IDENTIFICATION OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S MISCONCEPTION IN SIDE CURVE SPACE BUILDING MATERIALS USING THREE TIER-TEST
Permasalahan yang banyak ditemui siswa SMP yaitu pada mata pelajaran matematika. Siswa SMP
mengalami banyak sekali miskonsepsi terkait materi bangun ruang. Oleh karena itu penelitian ini memiliki
tujuan untuk mengetahui: (1) adanya miskonsepsi yang dialami siswa SMP dalam mempelajari bangun ruang
sisi lengkung, (2) miskonsepsi terbesar pada sub indikator materi bangun ruang sisi lengkung, (3) penyebab
miskonsepsi siswa SMP dalam mempelajari bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas
IX sebanyak 23 siswa yang diambil di salah satu SMP yang ada di Bangkalan, siswa sebelumnya pernah
memperoleh materi dasar bangun ruang sisi lengkung pada jenjang SD dan juga siswa kelas IX sudah
mempelajari bangun ruang sisi datar pada semester ganjil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan test dan wawancara. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Soal tes yang digunakan adalah soal tes berbentuk three tier-test. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa: (1) siswa mengalami miskonsepsi pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan rerata
miskonsepsi setiap sub indikator sebesar 77,34%;(2) miskonsepsi murni terbesar siswa terletak pada
memahami konsep rusuk, di mana pada konsep rusuk bangun ruang sisi lengkung siswa masih saja terpaku
pada konsep rusuk bangun datar, untuk miskonsepsi false negatif siswa mengalaminya pada konsep luas,
sedangkan pada volume siswa banyak mengalami miskonsepsi false positif di mana pada konsep volume
siswa belum paham arti dari sebuah volume itu sendiri;(3) penyebab siswa mengalami kesulitan dalam
menghadapi masalah yang berhubungan dengan unsur, luas, dan volume ruang bersisi lengkung disebabkan
karena guru tidak menggunakan alat bantu visual, media atau alat peraga dalam menyampaikan materi
bangun ruang pada saat pembelajaran tatap muka.
Kata Kunci: miskonsepsi, three tier-test, bangun ruang sisi lengkung.
The problems that many junior high school students encounter is in mathematics. Junior high school students
experience a lot of misconceptions related to building materials. Therefore, this study supposed to find out:
(1) there are misconceptions experienced by junior high school students in studying curved side space build,
(2) the biggest misconceptions in the sub-indicators of curved side space build material, (3) the causes of
junior high school students' misconceptions in studying curved side space build. The type of research used
in this research is descriptive with a qualitative approach. The subjects in this study were 23 students of class
IX who were taken in one of the junior high schools in Bangkalan, where students had previously obtained
basic material on curved side spaces at the elementary school and also class IX students had studied flat side
space in odd semesters. Data collection techniques were carried out using tests and interviews. Data were
analyzed in three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The test
questions used are test questions in the form of a three-tier-test. The results of this study show that: (1)
students have misconceptions in the curved side space material with an average misconception of each sub
indicator of 77,34%; (2) the biggest pure misconception of students lies in understanding the concept of ribs,
where in the concept of ribs on curved sides students are still fixated on the concept of ribs on flat, for false
negative misconceptions students experience it on the broad concept, while in volume many students
experience false positive misconceptions where in the concept of volume students do not understand the
meaning of a volume itself; (3) the cause of students having difficulty in dealing with problems related to
the elements, area, and volume of curved-sided spaces is because the teacher does not use visual aids, media
or visual aids in teaching. deliver the material of building space during face-to-face learning.
Keywords: misconception, three tier-test, building curved side space.